Teknik Budidaya Bunga Krisan yang Harus Anda Pelajari

Bunga krisan memang sebuah bunga yang sangat cantik. Di Indonesia sendiri ada banyak orang yang ingin melakukan budidaya bunga krisan atau yang terkenal dengan nama latin Chrysantemum morifolium ini.

Baca Juga: Khasiat Bawang Dayak | Penyubur Kandungan

Apa yang menjadi alasan banyak orang ingin melakukan budidaya bunga krisan? Satu yang menjadi alasan mengapa banyak orang ingin melakukan budidaya bunga krisan yaitu karena bunga krisan ini memiliki cara penanaman dan cara budidaya yang sangat mudah. Selain itu bunga krisan ini juga memiliki harga yang tetap ketika dijual sehingga tidak sama seperti bunga yang lain yang memiliki harga fluktuatif setiap waktunya. Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk budidaya bunga krisan? Berikut ini informasi lengkapnya untuk Anda!

Teknik Budidaya Bunga Krisan

Ada beberapa teknik budidaya bunga krisan yang perlu Anda tahu. Beberapa teknik tersebut diantaranya :

Pemilihan Lokasi

Lahan yang paling ideal untuk digunakan budidaya bunga krisan adalah wilayah yang memiliki iklim tropis. Suhu yang cocok untuk tanaman ini diantara kisaran suhu 20 sampai dengan 26 derajad Celcius. Walaupun demikian bunga krisan tetap dapat tumbuh pada suhu 170 sampai dengan 30 derajad Celcius. Ketinggian wilayah yang baik untuk pertumbuhan bunga krisan ini yaitu diantara sekitar 700 sampai dengan 1200 meter diatas permukaan laut. Tanaman yang satu ini memerlukan kelembaban udara yang cukup tinggi. Utamanya pada saat pembibitan kelembaban diperlukan sekitar 90 – 95% sedangkan ketika telah menjadi tanaman muda kelembaban yang diperlukan hanya sekitar 75% saja.

Lakukan Persiapan Lahan

Tanah yang cocok digunakan untuk media tanam harus tanah yang gembur dan tanah yang subur. Tanah yang gembur ini cocok digunakan untuk menanam bunga krisan dan Anda dapat menambahkan arang sekam dan juga pupuk kompos agar semakin gembur. Anda juga bisa memberikan dolomit untuk mengatur tingkat keasaman tanah dan juga untuk semakin meningkatkan kesuburan tanah. Tanaman krisan membutuhkan pengairan yang baik dan tanah yang digunakan harus memiliki daya serap yang baik pula agar air nantinya tidak terlalu banyak menggenang di akar yang dapat mengakibatkan busuknya akar dari tanaman bunga krisan ini.

Proses Penanaman Bibit Bunga Krisan

Bibit yang digunakan untuk ditanam harus bibit yang sehat dan bebas dari hama serta penyakit. Bibit yang baik juga biasanya didapat dari tanaman induk yang juga baik. Setelah nantinya lahan siap ditanam dan kita juga telah memiliki bibit bunga krisan yang baik, selanjutnya Anda tanam bibit bunga krisan di lahan dengan kerapatan sekitar 70 tan/m2. Ada baiknya jika sebelum Anda tanam bibit, Anda basahi dulu bibit yang akan Anda tanam.

Baca Juga: Bunga Amaryllis

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi yang kami berikan diatas mengenai Teknik Budidaya Bunga Krisan bermanfaat.