5 Cara Mudah Mengatasi Wajah Berminyak Secara Alami

Membersihkan wajah merupakan rutinitas penting untuk menghindari kulit wajah berminyak. Setidaknya bersihkan wakah minimalis 3 kali dalam sehari. Di samping itu, khusus pembersihan wajah bisa menggunakan air hangat untuk memperlancar peredaran darah pada kulit dan menjadi terapi alami yang efektif untuk menghilangkan sekaligus mencegah wajah berminyak.

Sebetulnya penyebab kulit wajah berminyak adalah karena kelemjar sebaceous yang memproduksi minyak secara berlebihan, sehingga akhirnya membuat wajah nampak selalu berminyak. Maka tak jarang hal tersebut justru akan sangat mengganggu penampilan. Oleh karena itu, cara mudah di bawah ini bisa diterapkan untuk mengatasi wajah berminyak.

Cara Alami Mengatasi Wajah Yang Berminyak

1.Pisang, Madu dan Susu

Buah pisang yang dipadukan dengan madu maupun susu akan mampu memberikan efek penyegaran kulit wajah serta mengatasi wajah berminyak. Siapakan susu dan madu secukupnya, kemudian lumatkan 1 buah pisang kedalamnya dan haluskan semua bahan tersebut. Setelah itu, oleskan dan gunakan sebagai masker mawah. Biarkan selama 30 menit dan tahap terakhir bilas menggunakan air hangat, lalu lanjurkan dengan air dingin.

  1. Daun Seledri

Daun seledri bermanfaat untuk kesehatan kulit sekaligus mengatasi kulit wajah berminyak. Adapun caranya adalah dengan menyiapkan air yang telah mendidih secukupnya saja. Setelah itu, masukkan daun seledri yang telah dipotong kecil-kecil, tunggu hingga menjadi setengah bagian airnya. Jika air sudah dingin, gunakan bahan tersebut sebagai cuci wajah anda. Tunggu hingga terasa mengering dan lanjutkan dengan membilasnya pada air bersih.

  1. Mentimun

Selanjutnya adalah dengan buah mentimun yang dirasa cukup efektif dalam perawatan kulit wajah. Hal ini karena mentimun banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh kulit anda. Caranya dengan memblender 1 buah mentimun hingga menghalus, lalu oleskan pada area sekitar wajah. Diamkan kurang lebih selama 30 menit agar semakin optimal. Setelah itu basuh muka anda dengan air bersih dan lakukan di setiap harinya.

  1. Apel dan Madu

Apel yang termasuk buah mengandung senyawa anti-lemak memang cukup membantu dalam mengatasi wajah berminyak. Anda dapat menggunakan apel jenis apapun, mulai dari apel hijau atau merah.Kelebihan cara ini ialah tak menyebabkan rasa gatal atau perih. Sehingga sangat cocok untuk kulit yang sedang jerawatan. Anda tinggal haluskan apel yang dicampurkan dengan madu. Oleskan masker tersebut ke seluruh wajah dan biarkan selam 20-25 menit agar maksimal, dan bilas pada air dingin.

  1. Tomat

Buah tomat memungkinkan untuk meningkatkan imun tubuh sampai dengan perawatan kecantikan, seperti mengurangi minyak di wajah secara alami. Haluskan buah tomat segar, lalu campur dengan madu yang murni. Aplikasikan masker tomat tersebut secara merata keseluruh bagian wajah. Pijat lembut selama kurang lebih 15 menit, dan diamkan 15 menit. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Baja Juga: Madu Penyubur Kandungan

Demikian cara mengatasi wajah berminyak dengan mudah dan alami. Semoga setelah anda menggununakan teknik di atas, kulit wajah anda lebih bersih dan lembab dari sebelumnya. Namun yang jelas tanpa adanya minyak berlebih pada wajah.