Gambar Gunung Semeru

Gunung Tertinggi di Jawa

Gunung merupakan salah satu kekayaan alam yang banyak terdapat di Indonesia. Selain menawarkan pesona alam yang tidak pernah ada habisnya untuk dibahas, gunung-gunung ini juga menjadi objek untuk menyalurkan hobi berpetualang bagi sebagian orang. Bukan sekedar pegunungan biasa, namun gunung tertinggi di Jawa layak untuk dijadikan tolok ukur ketangguhan Anda.

Pulau Jawa tercatat memiliki beberapa gunung tinggi, yang beberapa diantaranya masih berstatus aktif. Mendaki gunung dengan ketinggian lebih dari 3000 meter merupakan hal yang cukup menegangkan. Apabila Anda belum terbiasa, ada baiknya untuk mengunjungi gunung yang lebih terjangkau seperti Gunung Bromo. Anda bisa memilih paket wisata Bromo untuk perjalanan yang menyenangkan.

Deretan 5 Gunung Tertinggi di Jawa

1. Gunung Semeru

Gunung tertinggi di Jawa yang berada pada peringkat pertama adalah Gunung Semeru. Gunung yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini memiliki ketinggian sekitar 3.676 meter. Puncak Maha Meru berhasil menarik minat para pendaki untuk menguji adrenalin serta kekuatan fisik dengan menaklukkan gunung ini. Gunung Semeru juga diketahui sebagai gunung tertinggi ke 3 di Indonesia setelah Gunung Kerinci dan Gunung Rinjani.

2. Gunung Slamet

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa. Gunung ini memiliki ketinggian 3.428 meter di atas permukaan laut. Gunung Slamet masih berstatus aktif hingga saat ini. Meskipun memiliki medan yang tergolong sulit, hal ini tidak menyurutkan minat para pendaki untuk mencapai puncak Gunung Slamet.

3. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing merupakan salah satu gunung tinggi yang terletak di Jawa Tengah, lebih tepatnya di perbatasan Magelang, Temanggung, dan Wonosobo. Gunung ini memiliki ketinggian 3.371 meter. Tidak hanya ketinggiannya, Gunung Sumbing juga memiliki daya tarik berupa pemandangan alam yang begitu memukau karena berdekatan dengan Gunung Sindoro.

Gunung Sumbing memiliki kawah aktif di puncaknya, sehingga membuat gunung ini masuk ke dalam salah satu gunung tertinggi yang masih berstatus aktif. Pemandangan indah yang membentang antara Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro menawarkan keindahan tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

4. Gunung Arjuna

Gunung Arjuna memang tidak sepopuler gunung lainnya, tetapi gunung yang terletak di Jawa Timur ini termasuk ke dalam salah satu gunung tertinggi di Pulau Jawa. Gunung berapi Arjuna mempunyai ketinggian 3.339 meter. Di kalangan para pendaki, Gunung Arjuna merupakan salah satu tujuan yang banyak dikunjungi.

5. Gunung Raung

Berada di wilayah Jawa Timur, Gunung Raung mempunyai ketinggian 3.332 meter. Seperti gunung lainnya di Jawa Timur, gunung ini juga menjadi bagian dari kawasan konservasi hutan. Gunung Raung juga merupakan bagian dari Pegunungan Ijen, dengan Raung sebagai puncak tertinggi.