Kebutuhan nutrisi bayi berumur 0 – 6 Bulan

Kesadaran atas kebutuhan nutrisi bayi mememang harus di mengerti oleh ibu namun. terkadang bagi ibu muda yang memang belum terlalu pernah mengurus bagi memang sangatlah sulit memahami namun tenang saja bunda di sini saya akan berbagi sedikit tips tentang penjelasan kebutuhan nutrisi bayi.

Kebutuhan nutrisi bayi berumur 0 – 6 Bulan
Memang untuk umur 0 – 6 bulan asi menjadi andalan untuk bayi karanya banyak sekali kandungan yang di butuhkannya Karbohidrat yang menjadi penyusun utama ASI adalah laktosa, yang menyediakan sekitar 40%kebutuhan kalori untuk bayi. Laktosa diubah menjadi galaktosa dan glukosa oleh enzim laktase, dan gula ini memberikan energi untuk merangsang pertumbuhan otak.

Kandungan laktosa yang terdapat dalam ASI hampir 2 kali lipat dibanding laktosa. yang ditemukan pada susu sapi atau susu formula.

Namun dapat juga menyebabkan diare dikarena tidak dapat mencerna laktosa (intoleransi laktosa).

Asi juga mengandung air 87.5%, oleh karena itu bayi yang mendapat cukup asi tidak memerlukan tambahan air walaupun berada di tempat yang mempunyai suhu udara panas.

Kekentalan asi sesuai dengan saluran cerna bayi, sedangkan susu formula lebih kental dibandingkan ASI. Hal tersebut yang dapat menyebabkan terjadinya diare pada bayi yang mendapat susu formula.

Kadar lemak dalam yang terkandung dalam ASI lebih tinggi dibanding dengan susu sapi dan susu formula. Kadar lemak yang tinggi ini dibutuhkan untuk mendukung pertumbuhan nutrisi otak anak yang lebih cepat selama masa bayi.

Terdapat beberapa perbedaan antara profil lemak yang ditemukan dalam ASI dan susu sapi ataupun susu formula. Lemak omega 3 dan omega 6 yang memiliki peran pada perkembangan otak bayi banyak ditemukan dalam ASI.

Disamping itu ASI juga memiliki banyak kandungan asam lemak rantai panjang diantaranya asam dokosaheksanoik (DHA) dan asam arakidonat (ARA) yang berperan terhadap perkembangan jaringan saraf dan retina pada mata.

Susu sapi biasa tidak mengadung kedua komponen tersebut, oleh karena itu kebanyakan susu formula ditambahkan DHA dan ARA ini. Tetapi perlu diingat bahwa kadungan DHA & ARA yang ditambahkan ke dalam susu formula tidak sebaik yang terdapat dalam ASI.

Jumlah lemak totalnyapun lebih sedikit dibandingkan ASI matang, tetapi mempunyai persentasi asam lemak rantai sedikit panjang yang tinggi.
ASI juga memiliki kanandungan asam lemak jenuh sekitar 46% dan tak jenuh sekitar 54% dibanding susu sapi biasa yang lebih banyak kandungan asam lemak jenuhnya.

Seperti yang kita ketahui sendiri konsumsi asam lemak jenuh dalam jumlah banyak dan lama tidak baik untuk kesehatan .

Namun anda bagi anda yang memilki batasan menyusui anda tidak perlu khawatir dengan tubuh kembang anak anda bisa mengatasinya dengan menakar susu dengan takaran yang pas.

Jadi anda tidak perlu ragu lagi jika anda membutuhkan info lebih anda bisa membaca di wyeth parenting di sana banyak sekali tips yang bermanfaat untuk ibu terlebih untuk ibu muda.