Keutamaan Sholat Subuh

Tidak sedikit orang Islam yang merasa berat bangun pagi untuk sholat subuh. Padahal, jika orang-orang tersebut mengetahui, sholat subuh yang biasanya diakhir dengan doa qunut ini memiliki banyak keutamaan sama seperti sholat-sholat yang lainnya, apalagi jika dilakukan secara berjamaah.

Keutamaan Sholat Subuh secara Umum
Keutamaan Sholat Subuh secara Umum

Keutamaan Sholat Subuh secara Umum

  1. Menjadi Penyebab Seseorang Masuk Surga

Keutamaan yang pertama ini didasarkan pada apa yang disabdakan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallah yang isinya adalah: ‘Barangsiapa yang mengerjakan sholat bardain, yaitu sholat subuh serta sholat ashar, maka dia akan masuk ke surga. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim.

  1. Salah Satu Penghalang Masuk ke Neraka

Sama seperti sebelumnya, keutamaan sholat subuh yang kedua ini juga didasarkan pada hadits Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Muslim, bahwasanya: ‘Tidak akan masuk ke neraka orang yang mengerjakan sholat sebelum matahari terbit (yakni sholat subuh) dan sholat sebelum matahari tenggelam (yaitu sholat ashar).

  1. Ada dalam Jaminan Allah

Bahkan Allah juga menjamin orang-orang yang menunaikan ibadah sholat subuh, sesuai dengan apa yang disabdakan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam, dalam hadits yang juga diriwayatkan oleh Muslim.

  1. Disaksikan oleh Para Malaikat

Keutamaan sholat subuh yang lainnya adalah disaksikan oleh para malaikat. Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam telah bersabda bahwasanya malaikat malam dan juga malaikat siang akan berkumpul saat sholat fajar atau subuh. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim.

  1. Kelak pada Hari Kiamat bisa Melihat Allah

Ini adalah keutamaan terbesar yang akan didapatkan oleh orang-orang Islam yang menunaikan sholat subuh, yakni bisa melihat Allah pada hari kiamat. Keutamaan sholat subuh yang satu inipun juga disebutkan dalam hadits Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Muslim.

Keutamaan Sholat Subuh Berjamaah

  1. Bisa Memperoleh Berkah dari Allah

Sholat subuh secara berjamaah lebih memperbesar peluang orang Islam untuk memperoleh berkah dari Allah. Ini dikarenakan aktifitas yang diakukan di pagi hari, termasuk sholat subuh ini telah didoakan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam secara langsung supaya terdapat keberkahan di dalamnya.

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Ibnu Majah dan Tirmidzi bahwasanya beliau berdoa: ‘Ya Allah, berkahilah ummatku di waktu paginya’.

  1. Memperoleh Cahaya yang Sempurna saat Hari Kiamat

Keutamaan sholat subuh berjamaah yang kedua adalah bisa memperoleh cahaya yang sempurna tatkala hari kiamat. Ini jelas merupakan ganjaran yang sangat besar yang dihadiahkan oleh Allah kepada orang-orang yang melangkahkan kakinya menuju ke masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah.

  1. Memperoleh Ganjaran Layaknya Melaksanakan Sholat Semalam Penuh

Mengenai keutamaan sholat subuh berjamaah yang ketiga ini, ada hadits yang diriwayatkan oleh Muslim bahwasanya barang siapa yang mengerjakan sholat isya’ dengan cara berjamaah, maka orang tersebut seperti sholat malam sepanjang separuh malam.

Dan barang siapa yang mengerjakan sholat subuh dengan cara berjamaah, maka orang tersebut seperti sholat malam selama semalam penuh.

  1. Menjadi Faktor Dilapangkannya Rizki

Mengenai keutamaan sholat subuh yang keempat ini. Ada cerita bahwasanya pada suatu subuh, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam mendapati Siti Fatimah masih tertidur.

Beliau lantas membangunkan putrinya tersebut lalu bersabda: ‘Hai Fatimah, bangun serta saksikan rizki Tuhanmu karena Allah membagi-bagikan rizki-nya pada para hamba di antara sholat subuh dan terbitnya matahari.

  1. Sholat Subuh adalah Pembeda Antara Orang Beriman dengan Orang Munafik

Keutamaan sholat subuh bahkan bisa dijadikan sebagai tolok ukur keimanan seseorang. Karena sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam, bahwasanya sholat yang paling berat untuk orang munafik adalah sholat isya dan juga sholat subuh.

  1. Sholat Subuh Lebih Baik daripada Dunia dan Seisinya

Hal ini sesuai dengan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim dan Ahmad yang intinya adalah dua rokaat sholat subuh itu lebih baik dibandingkan dengan dunia dan seisinya.