Manfaat Jahe Merah Untuk Mengobati Asam Urat

Kalau jahe putih lekat dikenal sebagai bumbu dapur, maka jahe merah sangat populer dianggap menjadi obat mujarab asam urat.

Asam urat sendiri bisa terjadi karena peningkatan dan pengendapan zat purin hingga membentuk kristal yang bersarang di dalam sendi. Makanya sendi di kaki (bagian jari-jari, lutut, dan sikut) atau tangan merasa sakit atau nyeri karena ada kristal tersebut di dalamnya. Zat purin yang tinggi biasanya didapatkan dari hasil konsumsi makanan berupa daging, makanan instan, berlemak tinggi, dan biji-bijan seperti mlinjo.

Pada dasarnya, penyembuhan asam urat bisa diakukan melalui berbagai cara. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan khasiat yang terkandung dalam jahe merah. Tanaman kategori rempah-rempah sekaligus obat ini dipercaya mampu mengobati asam urat dan radang sendi yang menyerang tubuh.

Sebagai minuman yang hendak dikonsumsi, ada dua cara untuk menikmati sensasi jahe merah. Pertama yakni bentuk original dan mixing. Bentuk original yaitu pengolahan jahe merah tanpa menambah bahan lain. Sementara metode mixing, harus menambahkan bahan lain agar khasiatnya optimal. Untuk jenis original, yang perlu dilakukan adalah

  1. Sediakan jahe sepanjang 10 cm atau tiga buah jahe yang sudah dicuci bersih atau sudah digeprek dan dipanggang sebentar terlebih dahulu.
  2. Siapkan satu gelas air mineral untuk merebus jahe
  3. Masukkan jahe ke dalam panci dan tambahkan air mineral, lalu rebus dengan api sedang selama kurang lebih 15 menit. Ketika air sudah mulai menyusut, maka kompor siap dimatikan.
  4. Tunggu air menjadi hangat atau dingin, lalu siap diminum seakan minum air putih biasa.

Minuman jahe merah bisa bertahan hingga berhari-hari kalau diletakkan di tempat yang benar. Anda juga bisa menyimpan air jahe ke dalam botol kaca dan simpan di lemari es.

Sementara itu, menggunakan metode mixing atau penambahan bahan-bahan lain sebagai penyembuh asam urat. Untuk metode ini, yang Anda harus lakukan adalah

  1. Siapkan dua butir cengkeh
  2. Satu sendok madu
  3. Jahe berukuran 4 cm atau sepanjang 3 ruas jari yang telah dicuci bersih
  4. 3 cup gelas air mineral untuk merebus
  5. Campur jadi satu antara jahe dengan air mineral serta cengkeh dan rebus selama kurang lebih 15 menit. Kemudian tambahkan madu. Kalau Anda masih ragu untuk mengetahui kapan air rebusan jahe harus diangkat, maka pastikan volume air mulai menyusut.
  6. Biarkan air rebusan tadi berubah jadi hangat atau dingin, sehingga siap untuk dikonsumsi. Konsumsi air rebusan air jahe sebanyak dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore hari.

Mungkin Anda bertanya, mengapa harus ditambahkan cengkeh? Menurut sejumlah penelitian, cengkeh mampu menyembuhkan asam urat. Bahkan penggunanannya bisa diaplikasikan di area luar atau tidak harus direbus, tetapi dioleskan ke bagian sendi yang sakit. Hanya saja harus ditumbuk sampai halus terlebih dulu.

Penambahan madu di sini juga mampu untuk menambah rasa sekaligus berkhasiat untuk membuang purin dalam tubuh melalui urin atau kotoran. Selain itu, madu juga mampu meluruhkan dan menghancurkan penumpukan kristal yang disebabkan oleh tingginya kadar purin dalam tubuh. Bahkan jika dikonsumsi secara benar dan teratur, maka bisa mengembalikan kinerja ginjal. Kalau ginjal mampu bekerja dengan baik, maka purin pun akan bisa diproses secara normal dan maksimal sehingga asam urat pun tidak akan terjadi.