Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah – Khasiat kulit memang banyak sekali baik dari segi kesehatan maupun kecantikan. Jika dari segi pengobatan, pencegahan penyakit tanaman kunyit bisa dijadikan ramuan herbal. Sementara itu, untuk merawat kecantikan kulit kunyit dapat diolah menjadi masker atau minuman. Namun yang jelas kunyit memiliki kandungan yang efektif guna menjaga tubuh tetap segar, sehat, tanpa adanya efek samping.

Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah
Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah

Meskipun telah menggunakan obat tradisional seperti kunyit, tetapi jika kurang menjaga makanan yang sehat tetap saja kulit wajah tidak dapat terjaga dengan baik. Apalagi  kurangnya menjaga gaya hidup sehingga dirasa percuma untuk menggunakan kunyit sebagai perawatan kulit wajah. Adapun manfaat kunyit untuk kecantikan wajah sebagai berikut.

Ketahui Manfaat Kunyit Bagi Kecantikan Kulit Wajah

1.Mengatasi Kulit Berminyak
Kunyit ternyata dapat mengobati jerawat yang dapat digunakan untuk mengontrol produksi minyak berlebih dan sebum pada pori-pori. Adapun cara membatnya bisa dengan masker kulit yang dicampurkan dari dua sendok makan bubuk kunyit dan tiga sendok makan air hasil perasan jeruk lemon atau mengguakan jeruk nipis matang. Sebaiknya gunakan masker tersebut pada bagian wajah, dan kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan.

2. Mengobati Jerawat
Kunyit memang ampuh digunakan sebagai obat jerawat. Caranya cukup mudah dengan membuat masker kunyit, yakni mencampur antara tiga sendok makan air hasil perasan kunit dan satu sendok makan bubuk kunyit. Setelah itu, campurkan dengan sedikit madu maupun yogurt lalu aduk hingga mengental dan menjadi pasta. Gunakanlah selama 15 menit saja, karena jika terlalu lama zat pewarna akan melekat pada kulit. Cuci wajah dengan air bersih.

3. Mengatasi Pigmentasi
Bumbu dapur kunyit rupanya mengandung efek anti-inflamasi dan juga antiseptik, sehingga berkhasiat untuk mengatasi pigmentasi pada kulit. Selain itu, kunyit akan mampu membuat kulit wajah terasa lebih dingin pada kulit yang terbakar akibat terkena paparan sinar matahari. Anda bisa menggunakannya dengan membuat campuran bubuk kunyit dan jus timun segar. Campuran tersebut digunakan selama 30 menit agar hasil lebih optimal.

4. Menyamarkan Kerutan dan Mencegah Penuaan Dini
Proses penuaan dini dan kerutan dapat diperlambat dengan menggunakan kandungan nutrisi yang berada dalam kunyit. Pertama anda dapat membuat masker yang terbuat dari campuran dua sendok makan bubuk kunyit, satu sendok makan jus tomat, 1 sendok makan sus, dan satu sendik makan tepung beras. Selanjutnya masker digunakan untuk wajah dan leher dan diamkan selama 20 menit dan terakhir bersihkan dengan menggunakan air dingin.

5. Mengangkat Sel Kulit Mati
Terakhir khasiat kunyit untuk kecantikan adalah mampu mengangkat sel kulit mati. Hal ini karena kandungan dalam kunyit dapat melepaskan sel kulit mati dengan lembut tanpa membuat kulit mengalami iritasi. Anda bisa menggunakan scrub tubuh yang dibuat dari bubuk kunyit dan tepung chickpea. Scrub yang telah dibuat tadi dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan bercahaya.

Baca Juga: Cara menghilangkan kerutan di bawah mata

Nah, daripada ada menggunakan kosmetik lebih baik menggunakan bahan alami kunyit yang aman untuk kecantikan kulit wajah. Selamat mencoba.