Manfaat Pisang

Pisang adalah buah yang rasanya manis, penyedia kalori tingkat sedang dengan nutrisi berupa serat yang sangat tinggi untuk per sajiannya. Karena tubuh membutuhkan karbohidrat, protein dan juga lemak, manfaat pisang dapat meningkatkan energi dengan cepat sehingga banyak atlet dan orang yang sedang diet memilih pisang sebagai menu utama makanannya.

KandunganGizi Yang Terdapat Pada Pisang

  1. Vitamin B6

Pisang mengandung vitamin B6 yang sangat tinggi, penting untuk menciptakan hemoglobin bagi darah yang sehat. Selain itu, vitamin ini terlibat dalam menjaga level gula darah, menyintesa asam amino, juga memproduksi antibodi agar daya tahan tubuh tetap kuat. Satu pisang dapat memenuhi 1/5 kebutuhan vitamin B6 harian, juga lebih baik daripada vitamin berbentuk pil.

  1. Asam amino tryptophan

Asam amino tryptophan berfungsi untuk mengkonversi serotonin di dalam tubuh. Baiknya, pisang memiliki kandungan asam amino ini. Serotonin nantinya digunakan untuk meningkatkan mood, kebehagiaan, memperbaiki penampilan, dan juga mengurangi stress. Pisang menjadi solusi tepat untuk mendapatkan tryptophan dalam jumlah yang cukup untuk tubuh.

  1. Vitamin C

Meski kandungan vitamin C lebih banyak dikenal ada pada buah yang masam, namun pisang juga memiliki kandungan vitamin ini. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 15% vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh. Nantinya, kandungan ini akan digunakan untuk mendukung kekebalan tubuh juga meregenerasi sel.

  1. Potasium

Tidak banyak makanan yang kaya akan potasium. Potasium adalah mineral yang dapat bekerjasama dengan sodium, air dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga tekanan darah. Potasium ada pasa pisang sebanyak 450 mg persajian atau sekitar 15% dari kebutuhan harian. Sehingga, pisang baik untuk dijadikan menu pendamping harian anda.

  1. Tyrosine

Menurut Institut Franklin, pisang mengandung tyrosine yang merupakan salah satu asam amino. Tyroisine bermanfaat untuk otak memproduksi noepinephrine, yaitu senyawa yang mirip dopamine. Kombinasi ini akan meningkatkan fokus, kemudahan memori dan juga kewaspadaan. Itulah yang menyebabkan banyak atlet mengonsumsi pisang pada saat istirahat.

 

Berikut Manfaat pisang untuk kesehatan yang kami kutip dari Ensiklonesia.com

  1. Mengobati asam lambung

Pisang yang belum terlalu matang dapat meningkatkan lendir pada saluran pencernaan. Sehingga, manfaat pisang untuk asam lambung adalah melindungi, mencegah dan mengobati asam lambung. Pisang mengandung polisakarida yang dapat larut dalam air, komposisi yang sama dengan obat anti asam lambung seperti Carafate.

Pisang yang belum matang memiliki efek yang baik, namun pisang bubuk jauh lebih baik untuk asam lambung. Cara membuatnya adalah dengan mengiris tepis kemudian dijemur di bawah matahari hingga kering. Setelah ditumbuk menjadi halus, campurkan dengan madu. Konsumsilah sebanyak 3 kali sehari yaitu pagi, siang dan sebelum tidur malam.

  1. Mengurangi sakit asam urat

Manfaat pisang untuk asam urat adalah mampu mengubah asam urat menjadi bentuk cairan yang nantinya akan difilter oleh ginjal, kemudian diekskresi melalui urin. Sehingga, asam tersebut tidak akan mengkristal pada sendi. Pisang juga mengandung 24 mikrogram asam folat dan 10 miligram vitamin C yang membantu mengurangi tingkat asam pada persendian

  1. Menjaga berat badan

Sebuah pisang mengandung sekitar 110 kalori, yang terdiri dari 18 gram karbohidrat. Karbohidrat adalah kandungan penting yang dibutuhkan tubuh agar organ berkerja sesuai fungsinya. Karena kalori yang sedang, manfaat pisang untuk berat badan adalah menjaga berat badan agar tetap seimbang.

  1. Makanan untuk diet

Manfaat pisang untuk diet adalah membantu program diet berjalan dengan lancar. Diet identik dengan makanan tanpa rasa seperti sayur yang hanya direbus tanpa bumbu. Sementara pisang adalah makanan dengan rasa manis dan juga memberikan rasa senang ketika memakannya. Pisang adalah solusi diet agar tidak membosankan.

Anda bisa mengonsumsi 3-5 buah pisang yang dikombinasikan dengan susu rendah lemak. Jika tidak menyukai susu sapi, anda bisa menggantinya s=dengan susu kedelai aau susu almond yang akhir-akhir ini menjadi tren. Ada banyak cara mencampurkan menu pisang sehingga anda tetap menjalani diet dengan sehat.

  1. Makanan pendamping saat diare

Pisang juga memiliki manfaat untuk pengobatan, salah satunya diare. Manfaat pisang untuk diare adalah menghentikan diare dan memberikan energi bagi penderitanya. Kombinasi karbohidrat, vitamin, dan mineral mampu dijadikan bagai sumber energi universal. Makanlah pisang yang tidak terlalu matang saat sedang diare.

Sebuah studi menemukan bahwa pemberian pisang setengah matang kepada bayi yang diare mampu menghentikan diarenya setelah 24 jam. Sementara bagi orang dewasa, manfaat pisang setengah matang yang dimakan saat diare mempercepat penyembuhan atau sekitar 5 hari. Yang tidak memakan pisang, membutuhkan 10 hari untuk benar-benar sembuh.

Lima manfaat di atas beserta kandungan gizinya sangat bermanfaat secara medis. Manfaat pisang tidak hanya untuk diet, tetapi juga mengobati sejumlah penyakit. Tidak lupa, bahwa pisang adalah buah yang umumnya bebas dari pestisida sehingga aman dikonsumsi.