Tanaman hias untuk kecantikan

Manfaat Tanaman Hias Untuk Kecantikan

Kecantikan bagi seorang wanita merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dijaga. Terkadang mereka perlu perawatan wajah supaya wajah mereka terlihat lebih cantik. Seperti kita tahu bahwa untuk perawatan wajah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Padahal kecantikan bisa diperoleh dengan memanfaat tanaman hias yang ada disekitar Anda, seperti bunga mawar.

Bungar mawar merupakan tanaman yang digemari oleh banyak orang, karena pesona keindahan yang dipancarkan. Kebihan bunga mawar adalah harum, cantik, dan memiliki banyak variasi warna. Oleh karena itu, bunga mawar sering dijadikan sebagai symbol perasaan cinta kepada seseorang, dan pemberiaan penghargaan. Selain itu, ternyata bunga mawar sangat berkhasiat bagi kecantikan perempuan.

Manfaat Berbagai Jenis Tanaman Hias untuk Kecantikan

  • Bunga Mawar

1. Sebagai obat pelancar haid

Haid merupakan sebuah proses dimana luruhnya pembuluh pada dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan. Terkadang ada beberapa orang yang haid teratur maupun yang tidak teratur. Akar bunga mawar bisa dimanfaatkan untuk mengatasi haid yang tidak teratur dan keputihan. Anda cukup mengambil akarnya dan dicuci. Kemudian, rebus dengan segelas air sampai menyisakan setengah gelas. Minumlah setengah gelas airnya untuk mengatasi haid tidak teratur.

2. Sebagai pembuat masker alami

Selain mempercantik wajah, masker bunga mawar juga bisa membuat wajah mulus dan tampak awet muda. Cara membuatnya bisa dicampur dengan susu. Mawar mampu melembabkan kulit dan menjadikan lembut, sedangkan susu berguna untuk mencerahkan kulit secara alami. Mawar dan susu memiliki manfaat yang sama yaitu untuk merawat kulit sensitif.

Membuat masker mawar bisa dilakukan dengan cara merendam mahkota bunga mawar dalam susu. Tunggu sampai 40 menit supaya mahkota bunga menjadi lembek.Tumbuk mahkota bunga kemudian campurkan susu yang sudah digunakan untuk merendam tadi. Lalu, masker sudah siap untuk digunakan. Oleskan masker ke seluruh wajah kecuali sekitar mata dan mulut.

3. Sebagai bahan cair pembersih kulit

Supaya kulit Anda tetap bersih dan sehat, Anda perlu memberihkannya setiap hari. Untuk membersihkan kulit, Anda bisa menggunakan tanaman hias bunga mawar untuk perawatan kecantikan, terutama sebagai penyegar kulit. Bunga mawar digunakan sebagai pembersih bercak jerawat, pembersih kotoran wajah, serta pencegah kulit keriput.

Beberapa kegunaan air mawar untuk kecantikan antara lain toner wajah yang alami dan menyegarkan. Anda bisa menuangkan air mawar pada kapas dan menepuk-nepuk ke wajah. Kemudian, air mawar juga bermanfaat mampu meredakan peradangan kulit. Sifat inflamasi yang ada pada air mawar mampu mengurangi kemerahan kulit karena iritasi, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

  • Bunga sepatu

Nutrisi yang ada pada kelopak bunga yang satu ini dapat dijadikan masker untuk melancarkan peredaran darah pada kulit kepala. Hal itu bisa menjadi solusi kerontokan pada rambut dan juga merangsang tumbuhnya rambut. Bunga sepatu juga memiliki khasiat anti penuaan dini sehingga dapat menghitamkan kembali rambut yang sudah mulai beruban. Campurkan kelopak bunga dan daun bunga yang sudah dihaluskan dengan air sedikit saja. Kemudian, anda bisa menggunakannya untuk masker di kulit kepala.

  • Chamomile

Chamomile memiliki efek mendinginkan kulit juga mengurangi peradangan kulit kepala. Tak hanya itu, chamomile juga dapat mengatasi lingkaran gelap pada bagian bawah mata. Bunga yang satu ini juga dapat meningkatkan elastisitas pada kulit. Seduh teh Chamomile pada air panas, kemudian gunakan kantung teh yang sudah didinginkan di dalam lemari es, kemudian kompres pada bagian kantung mata.

  • Lavender

Lavender berguna untuk mengontrol minyak berlebih di pori-pori kulit. Bunga ini cocok untuk kulit sensitif, karena dapat mengendalikan produksi sebum pada pori-pori. Lavender memiliki fungsi untuk membasmi bakteri dengan kandungan efek anti-bakteri dan antiseptiknya. Antiseptik yang terkandung dalam minyak lavender bisa digunakan untuk menyembuhkan jerawat juga.