Memulai Bisnis UKM yang Menguntungkan, Siapa Takut!

Membuka bisnis UKM adalah salah satu hal yang dapat dilakukan oleh banyak orang sebagai cara untuk membuat lapangan kerja baru dan menjadikan mereka yang masih belum memiliki pekerjaan dapat mandiri secara finansial. Ada banyak bisnis UKM yang menguntungkan dapat dilakukan. Yang dibutuhkan pertama adalah kemauan. Selama ada kemauan, membuka bisnis UKM bukanlah hanya sekedar mimpi saja. Sayangnya, mengubah mindset masyarakat tentang membuka usaha sendiri masih cukup sulit. Masih banyak orang beranggapan bahwa bekerja di sebuah perusahaan masih jauh lebih baik dari pada membuka usaha sendiri. Padahal, baik menjadi buruh atau membuka usaha sendiri memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selama kita berusaha dan pantang menyerah, bukan tidak mungkin kita dapat membuat usaha kita sukses dan berkembang.

Jenis-Jenis Bisnis UKM yang Menguntungkan

Bisnis UKM adalah alternatif bisnis yang dapat dimulai dengan cukup mudah karena tidak membutuhkan modal yang besar. Bisnis ini juga cocok bagi mereka yang baru memulai bisnis karena tidak terpengaruh inflasi dan dapat dikerjakan dalam sistem organisasi yang sederhana. Bagi Anda yang ingin membuka bisnis UKM Anda mungkin bertanya-tanya kira-kira seperti apa bisnis UKM yang menguntungkan yang sesuai dengan kemampuan kita. Ada banyak bisnis UKM yang menguntungkan yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Jika dilihat dari cara memasarkannya, Anda bisa bagi bisnis UKM yang menguntungkan tersebut menjadi 3 kelompok besar. Adapun 3 kelompok besar tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Bisnis UKM konvensional atau offline

Yang dimaksud dengan bisnis UKM konvensional atau offline dalam bisnis UKM yang memasarkan produknya tanpa menggunakan bantuan internet. Penjualan hanya dilakukan dengan cara bertemu langsung dengan konsumen. Cara ini seperti halnya kita menjual di pasar, membuka sebuah toko, dan sebagainya. Cara ini merupakan cara yang biasa dilakukan oleh banyak pengusaha. Anda bisa menjalankan bisnis UKM dengan strategi pemasaran ini.

  1. Bisnis UKM online

Bisnis UKM online adalah cara melakukan bisnis yang sedang naik daun. Banyak orang tertarik membuka bisnis dengan cara ini. Hal ini karena dengan membuka usaha secara online, kita dapat menjangkau konsumen dengan lebih mudah. Jangkauannya juga jauh lebih luas dibandingkan dengan bisnis offline. Namun, sampai sekarang, masih banyak masyarakat yang belum melek teknologi dan masih paranoid saat melakukan transaksi secara online.

  1. Bisnis UKM campuran

Untuk mengatasi masalah yang ada pada bisnis online dan offline, kita bisa membuka bisnis UKM campuran. Sistem pemasarannya dilakukan baik secara online maupun offline. Dengan demikian, kita bisa melayani konsumen dari jarak jauh maupun konsumen lokal yang ingin membeli langsung produk kita dengan mendatangi toko atau gerai yang kita miliki.

Nah, itu tadi jenis bisnis UKM berdasarkan cara pemasarannya. Selain berdasarkan cara memasarkan produknya, Anda juga bisa memilih produk seperti apa yang ingin Anda jual dalam bisnis UKM yang menguntungkan yang akan Anda kerjakan. Ada dua jenis produk yang dapat Anda jual. Dua jenis produk tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Produk fisik

Yang dimaksud dengan produk fisik adalah produk yang memiliki bentuk. Ada banyak contoh produk fisik yang dapat kita pasarkan mulai dari produk kerajinan tangan, makanan khas, produk elektronik, fashion, sepatu, tas, mesin, kebutuhan rumah tangga, furniture, dan masih banyak lagi. Banyak produk fisik yang dapat Anda jadikan sebagai produk bisnis UKM Anda. Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan passion Anda.

  1. Produk non fisik

Yang dimaksud dengan produk non fisik adalah produk yang tidak memiliki wujud. Beberapa orang mungkin tidak familiar dengan produk non fisik. Produk non fisik tidak hanya meliputi produk jasa saja, ada beberapa produk non fisik lain yang dapat menjadi sebuah peluang usaha. Misalnya saja pulsa elektronik, voucher game, tiket perjalanan, tiket nonton film dan konser, serta masih banyak lagi. Produk tersebut bisa didapatkan dengan melakukan transaksi secara online dan tidak memerlukan bentuk fisik lagi.

 

Untuk dapat menjalankan bisnis UKM yang menguntungkan dengan baik, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan. Yang pertama tentunya kemauan dan niat yang kuat. Niat yang kuat adalah landasan utama untuk melakukan segala jenis kegiatan. Yang kedua adalah mau belajar. Menjalankan usaha tidak selalu langsung berhasil. Belajar dari pengalaman dan dari mereka yang sudah berpengalaman di dunia bisnis akan sangat membantu Anda dalam membuat bisnis Anda semakin maju.

Bisnis UKM yang menguntungkan dapat benar-benar terwujud tidak hanya karena kita memilih jenis bisnis yang tepat saja, namun juga disertai dengan kerja keras dan pantang menyerah. Untuk membuat bisnis Anda berkembang, terus belajar dan berusaha menjadi salah satu hal yang perlu Anda lakukan. Bagaimana? Tertarik menjalankan bisnis UKM?

Artikel ini ditulis oleh: Jasa SEO Profesional.