Penyakit Kulit Eksim

penyakit kulit eksim pada balita

Penyakit eksim merupakan penyakit yang berupa peradangan pada kulit sehingga menyebabkan kulit terasa gatal. Penyakit tersebut biasanya terjadi pada kulit kering yang menimbulkan warna kemerahan pada kulit dan pecah-pecah. Penyakit eksim merupakan penyakit dengan jangka panjang dan bukan penyakit menular. Biasanya penyakit eksim disebut dengan eksema.

Ciri-ciri kulit yang memiliki penyakit eksim biasanya kering dan terasa menebal. Bagi orang yang menderita penyakit eksim maka akan merasakan gatal terutama pada waktu malam hari. Selain itu penyakit eksim juga akan menyebabkan rasa panas dingin secara berlebihan. Daerah yang sering terkena eksim biasanya di bagian kaki, di tangan, di sela jari, di sela paha, dan di bagian lipatan tubuh.

Cara Mengatasi Penyakit Kulit Eksim dengan Mudah

Tidak Menggaruk Bagian Kulit yang Terkena Eksim

Eksim merupakan penyakit kulit yang sering sekali menimbulkan rasa gatal. Namun jika Anda terkena penyakit eksim maka sebaiknya jangan di garuk dan jangan dibiasakan menggaruk pada bagian kulit yang terkena eksim. Hal ini bisa beresiko pada kulit dan membuat kulit Anda akan lebih mudah terkena bakteri. Saat rasa gatal mulai menyerang, begini cara agar tidak mudah menggaruk bagian kulit

  1. Gunakan salep yang bisa Anda beli di apotik.
  2. Jika eksim terjadi pada anak-anak, maka potong kuku agar tidak mudah menggaruk bagian kulit yang terkena eksim.
  3. Jika terjadi pada anak bayi, maka sebaiknya menggunakan sarung tangan agar terhindar dari luka akibat garukan tangan.

Jadi jangan sampai anak memiliki kuku yang panjang, karena hal tersebut bisa membuat anak menjadi lebih mudah untuk menggaruk kulit dan hal ini tentu sangat beresiko pada bagian kulit yang terkena eksim.

Menghindari Makanan-makanan yang Dilarang untuk Penderita Kulit Eksim

 penyakit kulit eksim kering

Makanan bisa membuat eksim semakin parah karena adanya iritasi pada kulit akibat makanan tersebut. Berikut makanan yang bisa membuat eksim semakin parah :

  1. Kacang-kacangan
  2. Telur
  3. Daging
  4. Susu (Terutama susu sapi)
  5. Kacang Kedelai
  6. Ragi
  7. Tepung Terigu
  8. Alkohol

Anda bisa mengubah menu makanan yang bisa membuat eksim menjadi semakin parah. Jika sering mengkonsumsi daging (terutama daging ikan), maka bisa membuat eksim menjadi semakin buruk. Selain daging, susu juga menjadi salah satu makanan yang bisa menjadikan eksim semakin parah terutama susu sapi yang mengandung pH cukup asam.

Banyak sekali pengganti dari susu sapi yang bisa dikonsumsi namun tetap memiliki kandungan gizi yang cukup. Karena gizi yang cukup tidak hanya didapatkan dari susu sapi saja, sayur-sayuran juga bisa Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan gizi pada tubuh. Untuk susu kambung atau domba masih bisa dikonsumsi namun harus tetap dibatasi agar eksim tidak semakin parah.

Mengatasi Eksim Menggunakan Minyak Bulus

Proses penyembuhan eksim menggunakan minyak bulus memang diperlukan kesabaran agar eksim bisa benar-benar hilang dan bisa disembuhkan dengan cara yang aman. Berikut cara menyembuhkan eskim menggunakan minyak bulus :

  1. Siapkan minyak bulus secukupnya
  2. Siapkan biji mahoni
  3. Campurkan minyak bulus dengan biji mahoni
  4. Oleskan secara merata dan perlahan pada bagian kulit yang terkena eksim

Proses penyembuhan eksim dengan biji mahoni dan minyak bulus memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Sehingga cara tersebut harus rutin digunakan agar eksim bisa cepat sembuh.

Selain digunakan untuk menyembuhkan penyakit eksim, minyak bulus memiliki banyak sekali manfaat untuk kulit dan juga kesehatan tubuh. Minyak bulus juga bisa dijadikan sebagai obat kuat dan pembesar payudara. Sebagai minyak yang bermanfaat untuk kulit, minyak bulus ini bisa membantu menghilangkan jerawat, mengencangkan kulit, mencerahkan kulit, dan masih banyak manfaat lainnya.

Kandungan dari minyak bulus ini tak lepas dari vitamin E. Dari vitamin E yang dimiliki minyak bulus bisa berkhasiat untuk kesehatan, kecantikan, dan perawatan wajah agar terhindar dari jerawat. Namun hal yang perlu Anda ketahui yaitu minyak bulus hanya digunakan untuk pengobatan luar  dan tidak untuk dikonsumsi.

Kulit merupakan bagian yang sensitif sehingga harus di rawat dengan baik dan di jaga kebersihannya agar terhindar dari berbagai macam bakteri yang menyebabkan penyakit pada kulit seperti eksim. Demikian uraian dari cara mengatasi penyakit kulit eksim dengan cara yang mudah. Semoga postingan ini bermanfaat dan bisa menjadi solusi bagi Anda yang terkena penyakit tersebut.