Perkembangan Islam di Indonesia

Perkembangan Islam di Indonesia

Agama islam sudah sejak lama muncul dan berkembang di Indonesia, sampai kini agama islam menjadi agama yang paling banyak dianut oleh warga negara Indonesia. sebelum islam datang ke Indonesia, warga Indonesia kala itu sudah menganut beragam agama seperti hindu, budha, kepercayaan animisme dan dinamisme.

Banyak kerajaan hindu dan budha yang tersebar di Indonesia, seperti kerajaan Kutai, kerajaan Taruma Negara, kerajaan Sriwijaya dan masih banyak lagi. Tetapi ternyata agama islam dapat diterima dengan baik karena islam membawa prinsip perdamaian seperti persamaan antar manusia yang berarti tidak ada kasta, menghilangkan perbudakan, dan syarat sah masuk islam sangat mudah.

Hanya dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat saja, seseorang sudah bisa menganut agama islam. Apalagi islam tidak memberi paksaan apapun, bagi siapapun yang masuk agama islam. Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama tahun hijriyah. Namun menurut sumber lain islam sudah masuk ke wilayah Nusantara dari sejak zaman Abu Bakar, Usman, Umar, dan Ali Bin Abu Thalib.

Cara Islam Masuk Ke Indonesia

Islam masuk ke Indonesia tanpa paksaan apalagi peperangan apapun, maka ada beberapa cara masuknya agama islam ke Indonesia melalui cara berikut ini. yaitu :

  1. Melalui jalur perdagangan

Jalur perdagangan adalah yang paling mungkin dilalui untuk membuat agama islam bisa masuk ke Indonesia. karena banyak orang Melayu yang sudah melakukan perdagangan dengan orang-orang Arab. Apalagi sejak kerajaan Islam Malaka dan Samudra Pasai muncul di Aceh. Orang-orang itu berdagang sambil menyiarkan agama islam di Indonesia.

  1. Menggunakan kultural atau kebudayaan

Seperti yang dilakukan oleh para wali sanga di Jawa, penyebaran agama islam di Indonesia juga dilakukan lewat kebudayaan. Mereka menggunakan seni dan kebudayaan yang digemari oleh orang Indonesia, untuk menyebarkan islam. Sunan Giri misalnya menciptakan mainan anak-anak seperti jalungan, jamuran, ilir-ilir, cublak suweng dan lain-lain.

  1. Lewat pendidikan pesantren

Pendidikan menjadi sarana yang paling strategis dalam mengembangkan agama islam di Indonesia. para Dai dan Mubalig biasanya adalah orang-orang lulusan pesantren yang bertugas menyebarkan agama islam di Indonesia kala itu. Terbukti bahwa hingga kini pesantren menjadi sarana paling tepat dalam mengembangkan agama islam.

Perkembangan Islam Di Beberapa Wilayah Di Indonesia

Perkembangan islam di Indonesia dimulai dari beberapa daerah atau Kota di Indonesia, diantaranya yaitu Sumatera, Jawa, Sulawesi, Kalimantan, dan Maluku. Baru kemudian tersebar kembali di kota-kota lainnya di Indonesia hingga saat ini.

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai perkembangan islam ini bisa anda lihat di situs berikut ini www.dataislami.com. Bahkan bukan hanya mengenai sejarah islamnya saja tetapi anda dapat mendownload murrotal al quran, dan beragam berita tentang islam lainnya di situs islami tersebut.