jerawat yang dipencet itu sebum

Sebum Adalah

Tahukah kamu penyebab munculnya selain karena debu, hormon, dan bakteri saja? Ternyata ada yang lain lho! Namanya adalah sebum.

Sebum adalah?

Sebum merupakan zat yang diproduksi oleh kelenar minyak dan biasanya terletak di zona T wajah. Karena sifatnya melekat pada folikel rambut, sebum ini seharusnya berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit wajah.

Namun, apabila produksinya berlebih maka juga tidak baik bagi wajah karena justru bakal menimbulkan masalah baru berupa jerawat.

Jerawat yang diakibatkan oleh sebum biasanya berupa bintik merah kecil atau terasa sakit saat pertama tidak sengaja disentuh. Nah, kalau kamu pernah menemukan sebum berlebih di bawah permukaan kulit, maka coba untuk menguranginya.

Namun jika jumlah produksinya masih normal, maka cukup dirawat seperlunya saja. Sebenarnya apa sih fungsi sebum?

Sejujurnya, meski sering dipandang buruk karena mudah memicu munculnya jerawat, sebum ini punya beberapa fungsi mendasar pada kulit wajah.

Menghindarkan wajah dari iritasi dan kering

Karena punya fungsi melembabkan permukaan kulit dan folikel rambut, sebum disebut-sebut bisa juga mencegah kulit muka jadi kering, kusam, serta iritasi. Namun kalau jumlahnya memang banyak, maka justru bisa menimbulkan segudang masalah pada kulit. Bisa jerawat, keriput, dan sejenisnya.

Melembutkan kulit

Lapisan lilin atau sebum pada kulit bikin wajah tampak halus dan terawat, padahal sebenarnya kalau dilihat lebih dekat wajah kita tidak sesempurna sejauh mata memandang. Makanya, bersyukurlah buat kamu yang punya sebum normal sehingga kulit baik-baik saja dan bisa tampil maksimal di depan publik. Apalagi ditambah dengan penggunaan cream pemutih wajah, maka muka lebih terlihat halus dan cerah.

Melindungi kulit wajah dari bakteri

Bisa dibayangkan bukan apabila kulit wajah tidak memiliki pelindung? Yups, tentu mudah kotor, iritasi, jadi sensitif. Bahkan fatalnya bisa rusak secara perlahan-lahan kalau tidak diperhatikan. Hal ini bisa saja disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang berlebihan disertai kandungan bahan keras di dalamnya, sehingga bisa merusak unsur-unsur penting kulit. So, kamu harus cermat memilih produk,

brand, dan cara merawat kulit. Usahakan untuk tidak mencuci wajah lebih dari dua kali dalam sehari karena bisa merusak lapisan sebum. Pilih cushion yang lembut dan natural seperti april skin karena bisa menjaga kesehatan kulit dari sengatan sinar matahari. Selain itu, gunakan pembersih yang lembut dan ringan di wajah serta minim penggunaan alkohol di dalamnya.

Itulah mengapa sebum bisa disebut sebagai pelindung sekaligus perusak kulit, karena sebenarnya perlakuan yang kita terapkan pada anggota tubuh akan berpengaruh pada lapisan lilin tersebut. Maka dari itu dibutuhkan sejumlah usaha untuk menjaga kadar sebum supaya tetap normal seperti:

Memilih produk facial wash yang lembut dan ringan

Facial wash yang lembut dan ringan di wajah biasanya tidak berbusa banyak saat diusap berulang kali menggunakan telapak tangan. Selain itu, tidak ada bau wangi yang terlalu menyengat. Dua tanda tersebut bisa jadi indikator bagus atau tidaknya facial wash untuk wajah.

Kamu yang punya kulit sensitif bisa memakai facial wash seperti Acnes, Hada Labo, dan produk aman lainnya. Bersihkan wajah cukup dua kali sehari yakni setelah bangun dan sebelum tidur supaya pH kulit tetap terjaga.

Gunakan masker saat bepergian jauh

Menggunakan masker saat melintasi jalan berdebu dan berasap juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak tidak terlalu banyak.

Buat kamu yang punya kulit berjerawat, berminyak, dan mudah kusam bisa memilih produk-produk murah tetapi manfaat bisa dirasakan secara bertahap, bukan instan. Melindungi wajah berarti juga menjaga segala unsur di dalamnya.