Sejarah Islam Di Indonesia

Sejarah Islam di Indonesia

Sebenarnya sejak zaman Nabi Muhammad agama islam sudah disebarluaskan di berbagai daerah dan negara di dunia. Bahkan sampai Nabi Muhammad wafat pun syiar agama islam masih diteruskan oleh para pemimpin khalifah, dan para pemimpin Dinasti Islam lainnya. Terlebih lagi di Indonesia, islam pertama kali diperkenalkan di zaman dinasti Umayyah di Pantai Barat Sumatera.

Banyak para pedagang muslim yang berdatangan ke Indonesia, dan berlangsung selama dari abad ke abad kemudian. Pedagang muslim tersebut bukan hanya berasal dari Arab saja tetapi ada yang berasal dari Gujarat dan Persia. Mereka bukan hanya berdagang saja di Indonesia, tapi juga berdakwah tentang islam kepada warga dan penduduk sekitar.

Awal Masuknya Islam Ke Indonesia

Mengenai siapa dan bagaimana awal mulanya agama islam masuk ke Indonesia, sebenarnya masih menjadi perdebatan. Banyak para sejarawan islam yang membuktikan melalui fakta dan data yang ada, masing-masing sejarawan islam tersebut menguatkan fakta dan data yang mereka temukan. Terdapat beberapa perbedaan pendapat tentang sejarah masuknya islam ke Indonesia.

Pendapat tersebut dibagi menjadi beberapa teori sebagai berikut :

  1. Teori Gujarat

  • Tidak banyak fakta yang menerangkan bahwa yang menyebarkan islam pertama kali di Indonesia adalah bangsa Arab.

  • Hubungan perdagangan antara Indonesia dengan India sudah terjalin sejak lama.

  • Ditemukan inskripsi tertua mengenai islam di Indonesia yang memberikan gambaran hubungan antara Sumatera dan Gujarat.

Teori ini didukung oleh para ahli sejarah islam lainnya yang menyebutkan bahwa islam masuk ke Indonesia pada abad ke 13. Alasan lainnya mengapa islam disebarkan dari Gujarat ke Indonesia adalah, adanya jalur perdagangan antara Indonesia, Gujarat, Timur Tengah dan juga Eropa. Yang artinya penyebaran islam sudah dimulai melalui perdagangan tersebut.

  1. Teori Mekkah

Para sejarawan profesor muslim menyebutkan bahwa islam sudah masuk ke Indonesia, dari abad ke 7 dan 8 langsung dari Arab. Data ini didapat karena adanya jalur perdagangan jauh sebelum abad ke 13 antara Asia Timur, Asia Barat dan Asia Tenggara. Bahkan pada abad ke 7 berita Cina Dinasti Tang menyebutkan terdapat permukiman pedagang Arab di Sumatera.

  1. Teori Persia

Menurut teori Persia islam datang ke Indonesia dengan misi perdamaian, yaitu lewat perdagangan, kebudayaan, pendidikan, perkawinan, dan tasawuf. Sehingga dengan datangnya agama islam ke Indonesia, kebudayaan lokal Indonesia pun berganti menjadi kebudayaan islam.

Bagi anda yang ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah islam di Indonesia maka anda bisa mengunjungi situs www.dataislami.com. Situs islami tersebut berisi mengenai bagaimana sejarah dan perkembangan islam di Indonesia. Anda juga bisa mendownload murrotal al quran di situs islami tersebut, situs ini mendukung penuh info dan berita menarik tentang sejarah islam.