Tips Dalam Memilih Ikan Frozen, Fresh, & Fillet

Tips Dalam Memilih Ikan Frozen, Fresh, & Fillet

Kita tahu bahwa ikan merupakan makanan yang memiliki banyak nutrisi dan bagus untuk tubuh dan pada dasarnya ikan laut atau ikan tawar memiliki, khasiat yang sama bagusnya untuk tubuh untuk itu dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan. Namun apakah dari kita semua sudah tahu bagaimana cara untuk memilih ikan Frozen  atau ikan beku, ikan Fresh dan ikan Fillet yang baik? Tentu tidak semua orang paham akan memilih ikan yang baik untuk di konsumsi. Berikut ini tips dan trick dalam memilih ikan Frozen , atau ikan beku yang baik :

1.perhatikan bentuk daging dan suhu pada daging, dalam memilih ikan beku usahakan yang benar-benar beku dan di kemas dengan baik.

2. daging ikan masih segar, padat dan mengkilat.

3. ciri ikan beku atau Frozen  yang masih baik adalah tidak memiliki bagian yang terlihat kering akibat rusak karena pendinginan.

4. jika ikan Frozen  yang telah di cairkan ( thawing) harus sesegera mungkin untuk di olah menjadi olahan karena untuk ikan Frozen  yang sudah di cairkan kemudian kembali di bekukan akan memiliki kadar mutu yang berkurang. Bisa juga merubah rasa dari ikan.

Berikut ini adalah tips dan trick dalam memilih ikan yang masih Fresh :

1. Mata ikan Ikan yang terlihat masih Fresh atau segar

Dapat terlihat dari bentuk matanya, mata ikan yang masih segar cenderung memiliki mata yang terang, bening dan cembung. Jika diterlihat kasat mata mungkin dapat terlihat jelas dan mengkilap. Sangatlah terlihat perbedaannya dengan ikan yang sudah tidak lagi segar, biasanya ikan yang sudah tidak Fresh cenderung memiliki ciri fisik yang kurang bagus seperti mata yang buram dan terlihat pucat.

2. Insang ikan Cek juga insang ikan dan pastikan warna insang berwarna merah dan terasa kenyal jika ditekan.

ini merupakan ciri ikan yang masih segar selain itu insang ikan yang masih Fresh memiliki bau yang tidak asing, sedang untuk insang ikan yang sudah tidak segar berwarna pucat atau gelap dan kotor, serta berbau busuk.

3. Kulit dan lendir ikan Ada salah satu cara termudah untuk mengecek kesegaran ikan yaitu dari kulit ikan, kulit ikan yang segar akan berwarna segar dan tidak pudar.

Selain itu, ikan yang segar juga memiliki daging yang elastis dan tidak mengalami perubahan jika di pegang atau di sentuh, karena pada dasarnya ikan yang masih segar memiliki sisik yang kasar dan bercorak sesuai dengan masing-masing jenis ikan itu sendiri.sisik ikan memiliki lekat yang kuat dan tertutups lender ikan atau belom banyak yang hilang. Lendir ikan juga memiliki pengaruh untuk menentukan ikan tersebut masih segar atau tidak ikan yang masih segar atau Fresh memiliki lender yang terlihat cemerlang transparan dan homogen.

Selanjutnya tips dan trik dalam memilih ikan Fillet:

1. Ciri-ciri ikan Fillet yang masih segar adalah dari segi bentuk potongan Fillet yang berbentuk padat.

2. Daging ikan Fillet terlihat mengkilat.

3. Daging terasa kenyal jika di tekan atau di sentuh

4. Tidak berbau amis yang menyengat apa lagi sampai busuk

5. Daging yang melekat kuat pada tulang ikan

6. Tidak menampakkan warna kecokelatan atau kekuningan

7. Dagin terlihat tidak kering