Tips Membeli dan Merawat Speaker Bluetooth Jbl

James Bullough Lansing (JBL) adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi audio di Amerika Serikat. JBL telah beroperasi selama kurang lebih 65 tahun, dan telah memperluas area pemasaran ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Sedikitnya ada enam produk speaker bluetooth tanpa kabel yang telah diperkenalkan ke Indonesia. Kesemua speaker buatan JBL ini merupakan speaker yang dapat terhubung dengan perangkat komputer atau telepon genggam anda dengan memanfaatkan konektivitas bluetooth tanpa menggunakan kabel.

speaker JBL

Fitur Istimewa

Salah satu fitur andalan speaker bluetooth JBL tanpa kabel adalah teknologi Splashproof  nya yang memungkinkan speaker JBL dapat beroperasi seperti biasa tanpa mengalami kerusakan apabila terkena air. Bahkan salah satu demo yang memperagakan ketahanan speaker JBL terhadap air berhasil menunjukkan bahwa speaker tetap berfungsi dengan baik setelah seluruh bagiannya dicelupkan ke dalam air. Hal ini memungkinkan pemilik speaker untuk mencuci perangkatnya setiap kali kotor.

Selain fitur splashproof, speaker buatan JBL juga dilengkapi dengan fasilitas speakerphone  yang dapat menghubungkan panggilan telepon ke speaker bluetooth dan menghasilkan suara yang jernih, berkat teknologi echo and noise cancelling nya. Tak hanya speaker bluetooth JBL canggih, namun perangkat ini juga didesain agar menjadi speaker yang tahan lama dan dapat digunakan di luar ruangan tanpa takut rusak. Rancangan rangka untuk speaker bluetooth JBL disusun dengan metode double injection sehingga antar komponennya tidak mudah lepas.

Tipe Speaker Bluetooth JBL

Terdapat beberapa tipe speaker bluetooth JBL yang telah dipasarkan di Indonesia, beberapa di antaranya akan kami ulas dalam artikel ini.

  1. JBL Pulse 2

JBL Pulse 2 disebut-sebut sebagai salah satu produk terlaris yang dipasarkan oleh JBL. Hal ini tidak mengherankan, mengingat speaker bluetooth tipe ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya adalah memiliki fitur istimewa yang disebut lightshow, dimana Anda dapat mendengarkan musik sambil menikmati lightshow yang dapat berubah sesuai dengan ritme laku yang sedang diputar. Sama seperti beberapa speaker JBL lainnya, JBL Pulse 2 juga mampu menghubungkan tiga perangkat sekaligus dengan menggunakan fasilitas bluetooth. Namun, yang membuatnya sedikit berbeda adalah kemampuannya menghbungkan beberapa speaker dalam waktu yang bersamaan berkat teknologi JBL connect . Selain itu, perangkat ini juga memiliki performa yang cukup baik, dibuktikan dengan kapasitas baterai yang memungkinkan perangkat ini untuk digunakan selama kurang lebih sepuluh jam tanpa isi ulang.

  1. JBL Clip+

Tipe speaker JBL yang satu ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang kerap melakukan aktivitas di luar ruangan. JBL Clip+ dapat dibawa dengan mudah kemanapun dan dapat digantung di berbagai tempat kapanpun Anda ingin melakukan aktivitas Anda sambil mendengarkan musik dengan kualitas suara yang jernih. Speaker ini memungkinkan untuk digunakan selama kurang lebih lima jam, dan dibanderol dengan harga Rp 899.000.

  1. JBL Go

Dibangingkan dengan produk speaker nirkabel lainnya, JBL Go termasuk produk yang dibanderol dengan harga yang relatif murah, yaitu sekitar Rp. 1.000.000 saja. Meskipun harganya murah, speaker tipe ini tetap memiliki kualitas dan performa yang dapat diandalkan oleh penggunanya, yaitu baterai yang mampu bertahan hingga lima jam pemakaian, dan ketersediaan konektivitas yang disebut dengan Aux In, serta tali yang langsung menyatu dengan speaker.

  1. JBL Flip 3

JBL Flip 3 dapat Anda gunakan dimana saja dan kapan saja Anda mau sesuai dengan kebutuhan Anda. Speaker JBL khusus untuk seri flip diklaim sebagai tipe yang memenangkan banyak penghargaan karena kualitas dan performanya yang sangat baik. Selain dapat digunakan hingga sepuluh jam, speaker ini juga dilengkapi dnegan fitur JBL connect, sehingga dapat menghubungkan lebih dari satu speaker dalam waktu yang sama. JBL Flip 3 ditawarkan di Indonesia dengan kisaran harga sekitar Rp 2.150.000.

  1. JBL Charge 2+

JBL Charge 2+ diklaim mampu menghasilkan suara jernih dengan kualitas bagus yang dapat memenuhi seluruh ruangan Anda namun tetap nyaman untuk didengar. Speaker ini dilengkapi dengan baterai besar yang berkapasitas 6000mAh sehingga mampu bertahan lama selama sekitar dua belas jam. Seperti beberapa perangkat JBL yang lain, speaker ini dapat digunakan untuk mengisi daya pada telepon genggam Anda, dan mampu menghubungkan tiga perangkat secara bergantian melalui bluetooth. Walaupun dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, speaker ini hanya dijual dengna harga kurang dari Rp 3.000.000.

  1. JBL Xtreme

Diklaim sebagai speaker bluetooth tanpa kabel yang paling tangguh di kelasnya, JBL Xtreme merupakan produk andalan JBL yang dapat memfasilitasi konser besar, bahkan mampu bertahan selama kurang lebih limabelas jam. Beberapa keistimewaan lain dari tipe speaker ini adalah kemampuannya menghubungkan tiga perangkat berbeda secara bergantian dengan memanfaatkan konektivitas bluetooth, ketersediaan dua buah USB slot yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya telepon genggam, serta ketersediaan strap bahu yang memungkinkan Anda untuk membawa perangkat ini dengan mudah. Dengan semua keistimewaan yang dimiliki JBL Xtreme, JBL menawarkan harga sekitar Rp 3.500.000 bagi Anda yang ingin memilikinya.

Tips Memilih Speaker Bluetooth

Dalam membeli speaker bluetooth hendaknya tidak dilakukan dengan asal saja, namun sebaiknya disesuaikan dengan kondisi tempat speaker itu akan digunakan dan sesuai kebutuhan agar perangkat yang Anda benar-benar mendapatkan performa maksimal dari perangkat yang Anda beli. Berikut ini kami sediakan beberapa tips yang perlu Anda ketahui ketika berencana membeli speaker bluetooth.

  1. Fitur atau spesifikasi

Yang biasanya menjadi pertimbangan awal ketika seseorang membeli perangkat elektronik adalah fitur dan spesifikasi yang ditawarkan. Kini, sudah ada beberapa produk speaker bluetooth yang juga dilengkapi berbagai macam fitur tambahan seperti jam alarm, dan lain sebagainya. Namun, yang paling kami sarankan adalah perangkat canggih dengan fitur tambahan yang memungkinkan Anda untuk menghubungkannya dengan perangkat lama Anda, sehingga Anda tidak harus mengganti juga semua perangkat yang Anda miliki dengan perangkat baru.

  1. Kualitas suara

Tidak hanya penampilan dan ketahanan saja yang penting untuk dimiliki suatu perangkat elektronik, namun kualitas juga sangatlah penting untuk dipertimbangkan, terutama kualitas suara untuk perangkat berjenis speaker. Patikan speaker yang Anda beli memiliki kualitas suara yang baik dan nyaman di telinga Anda.

  1. Kompatibilitas

Tidak semua jenis speaker sesuai untuk semua gadget yang Anda miliki. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kompatibilitas speaker yang Anda beli dengan perangkat elektronik lain yang telah Anda miliki.

  1. Portabilitas

Salah satu tujuan membeli perangkat nirkabel adalah agar Anda lebih mudah untuk memindahkannya atau membawanya kemanapun Anda inginkan tanpa harus kerepotan dengan kabelnya. Apabila Anda sering bepergian dan bermaksud untuk menggunakan speaker Anda untuk keperluan di luar ruangan atau selama bepergian, speaker portable yang bisa dimasukkan ke dalam tas adalah pilihan yang tepat.

  1. Harga

Memang benar bahwa harga dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih speaker yang akan Anda beli. Namun, kami menyarankan agar Anda tidak terlalu berpatokan pada harga yang murah saja, namun juga pada kualitas perangkat. Pastikan bahwa perangkat yang Anda beli memiliki kualitas, dengan harga yang sepadan dan masuk akal, sehingga Anda akan mendapatkan manfaat dalam setiap rupiah yang Anda keluarkan.