Tips Memilih Tablet Murah Dan Berkualitas

tablet

Tablet merupakan salah satu perangkat komputer mini yang mempunyai fungsi seperti layaknya komputer namun dengan berbagai keterbatasan. Tablet memang sering dijadikan pilihan kedua oleh setiap orang setelah produk smartphone. Meskipun begitu, hampir semua orang dari kalangan atas memiliki perangkat komputer mini ini ditangan mereka.

Seiring berkembangnya sistem teknologi yang semakin canggih, membuat para produsen tablet semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan sebuah tablet. Sekarang ini, ada banyak sekali pilihan tablet yang ditawarkan di pasaran. Tablet yang ada di pasaran tersebut biasanya memiliki harga yang sangat bervariasi dengan spesifikasi tablet yang berbeda-beda pula dari setiap produsennya. Tak jarang banyak sekali konsumen yang merasa kebingungan dengan spesifikasi dan harga tablet yang ditawarkan.

Nah, bagi anda yang masih bingung saat ingin membeli tablet murah namun mempunyai kualitas yang tinggi. Maka anda tidak perlu khawatir lagi, karena berikut ini akan dipaparkan mengenai beberapa tips memilih tablet murah dan berkualitas.

Ukuran

Sebelum memutuskan membeli tablet sebaiknya anda memperhatikan terlebih dahulu ukuran dari tabletnya. Dengan begitu anda tidak kecewa dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan. Berikut ini ada beberapa pembagian ukuran tablet yang harus anda ketahui, yakni :

  1. Kecil (7.0 – 8.3 inc)

Tablet yang memiliki ukuran 7.0-8.3 inc ini biasanya dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dan juga mempunyai spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan tablet yang memiliki ukuran di atasnya. Tablet ukuran kecil ini sangat mudah untuk dibawa kemanapun dan juga bisa anda masukan ke dalam saku celanan maupun tas sehingga anda tidak perlu lagi membeli tas khusus tablet. Selain itu, tablet yang memiliki ukuran kecil ini juga sangat cocok untuk anda yang suka membaca buku onlie pada saat tiduran. Contoh tablet yang dapat anda beli dengan harga yang terjangkau namun tetap berkualitas adalah LG G Pad 8.3 dan Samsung Galaxy Tab 3 7.0.

  1. Sedang (8.9 – 10.1 inc)

Tablet yang berukuran sedang ini sangat cocok bagi anda yang suku bermain game dan menonton film. Biasanya tablet yang berukuran sedang ini menawarkan spesifikasi yang tidak main-main. Contoh tablet yang berukuran sedang ialah Samsung Galaxy Tab 10.1 dan Samsung Galaxy Tab P 7300.

  1. Besar (lebih dari 10.1 inc)

Tablet yang memiliki ukuran lebih dari 10.1 inc ini memang hanya ada beberapa tablet saja. Tablet dengan ukuran yang satu ini memang lebih cocok dikatakan sebagai laptop mini karena memang ukurannya yang sangat besar sehingga hampir menyerupai layar laptop. Contohnya microsoft surface pro 2.

Prosesor

Berikut ini ada beberapa prosesor yang biasanya sering digunakan di tablet, yakni :

  1. Samsung Exynos

Prosesor yang satu ini memang sangat bagus digunakan di dalam sebuah tablet karena dapat memberikan kecepatan luar biasa kencangnya. Akan tetapi prosesor yang satu ini memiliki kekurangannya yakni baterai pada tablet akan cepat habis. Namun anda tidak perlu khawatir, karena dalam versi terbarunya Exnis Octa 5 ini prosesornya sudah diperbarui menjadi lebih baik dari sebelumnya. Prosesor yang satu ini bisa anda temukan didalam Samsung Galaxy Note 10.1 2014.

  1. Apple A7

Prosesor yang satu ini hanya bisa ditemukan di iPadn Air dan iPad mini Retina saja.  Prosesor ini juga sangat bagus digunakan karena dapat memberikan pengalaman cepat saat melakukan proses loading atau pemuatan berbagai aplikasi iPad.

  1. Qualcomm Snapdragon

Prosesor yang satu ini memang sangat banyak digunakan di setiap tablet. Prosesor Qualcomm Snapdragon ini mampu memberikan kepuasan ketika anda bermain game ataupun sedang melakukan aktivitas lainnya pada tablet tersebut.

  1. Nvidia Tegra 4

Prosesor pada tablet ini sangat cocok bagi para maniak game. Dengan adanya empat core CPU yang berkecepatan tinggi dan 72 GPU dapat membuat game yang sedang ada mainkan di tablet terlihat sangat impresi. Prosesor Nvidia Tegra 4 ini dapat anda temukan di Microsoft Surface dan HP Slatebook x2.

Layar

Pada umumnya kualitas layar sebuah tablet dipengaruhi oleh resolusi layar dan jenis panel yang digunakan. Sekarang ini resolusi layar pada tablet yang paling besar ialah 2,560×1.600 piksel. Perlu anda ketahui, jika semakin besar resolusi layarnya maka akan semakin tajam pula gambar yang dapat dihasilkan oleh tablet tersebut. Sedangkan jika untuk panelnya, sebaiknya anda memilih panel IPS yang memang sudah terbukti mampu memberikan sudut pandang yang baik.

Sistem Operasi

Berikut ini ada ada beberapa sistem operasi yang sering digunakan pada tablet, yakni :

  1. Android

Sistem operasi android ini memang sangat banyak digunakan di tablet ataupun smartphone. Hal ini dikarenakan sistem operasi android ini sangatlah user-friendly dan juga sederhana. Tidak hanya itu, sistem operasi ini juga mempunyai banyak sekali aplikasi kustom yang telah tersedia.

  1. Windows

Sistem windows ini memang tidak setenar android dan iOS. Meskipun begitu, sistem operasi ini mempunyai banyak sekali peminatnya karena sistem operasi ini mempunyai layanan streaming musik, film serta TV show sendiri di katalognya.

  1. iOS

Sistem operasi ini memang wajib ada di dalam produk Apple. Sistem operasi ini juga sangat simple sehingga sangat bersahabat dengan penggunanya.

Kapasitas Memori

Memori merupakan salah satu perangkat yang wajib ada dan juga menjadi nyawa bagi para pencinta musik, film, fotografi atau game di dalam tablet. Ketika memilih tablet, sebaiknya anda memilih tablet yang memiliki kapasitas memori internalnya yang besar dan juga memiliki memori eksternal. Apabila anda membeli tablet dengan kapasitas yang kecil maka kreativitas anda akan terhambat dan andapun tidak bisa menyimpan momen-momen terbaik anda.

RAM (Random Access Memory)

RAM memang menjadi bagian yang sangat penting ketika anda ingin memilih sebuah tablet yang berkualitas. karena kinerja dan kecepatan sebuah tablet akan sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya sebuah dapur pacu yakni RAM. Maka dari itu, semakin besar RAM maka akan semakin bagus pula tablet tersebut. Bagi anda yang menginginkan tablet yang memiliki kinerja yang maksimal maka sebaiknya anda memilih RAM yang besar. Minimal anda bisa memilih RAM tablet yang berukuran 1 GB.

Desain

Desain tablet memang kebanyakan hampir terlihat sama. Akan tetapi anda bisa membedakannya dari segi beratnya dan ukurannya. Meskipun terdapat berbagai desain tablet dengan berat yang berbeda-beda, namun itu semua tidak mempengaruhi kualitas sebuah tablet. Jadi bagi anda yang menyukai tablet yang yang besar dan berat tidak akan ada permasalahannya dengan kualitas.

Demikianlah informasi singkat mengenai tips memilih tablet murah dan berkualitas. Semoga informasi ini dapat menjadi petunjuk untuk anda dalam memilih sebuah produk tablet yang murah namun memiliki kualitas yang sangat baik serta bagus.