11 Jenis Souvenir untuk Pilkada

Musim pilkada? Bingung mau ngasih apa ke calon pendukung partai kamu? Souvenir memang bisa menjadi senjata ampuh untuk mempromosikan sesuatu. Tak hanya mempromokan suatu merek barang, tapi juga perusahaan maupun jasa yang suatu kantor atau usaha. Tak heran, souvenir ini marak digunakan dan disebarkan untuk program kampanye partai politik, terutama saat pilkada.

Tahun politik memang saat ini sedang musimnya. Berbagai parpol, kalangan maupun lapisan masyarakat terus berkomentar dan melakukan kampanye politik. Mereka juga berlomba-lomba mengenalkan calon kandidat mereka agar terpilih dan menang dalam pemilu. Kampanye-kampanye itu paling banyak menggunakan souvenir pilkada, diantaranya adalah:

1. Gantungan kunci

Gantungan kunci untuk souvenir pilkada biasanya berupa gambar kandidat yang maju ikut pilkada, beberapa informasi tentang kandidat. Adapula saat ini muncul beberapa hashtag maupun slogan, gambar partai dan juga nama partai disertai dengan warna yang mencolok.

2. Stiker

Selain gantungan kunci, stiker menjadi souvenir mayoritas yang biasa di pakai saat kampanye. Tak hanya murah meriah, stiker juga mudah di berikan dan di gunakan. Hanya dengan di tempel di dinding-dinding, di pintu rumah penduduk maupun di lokasi-lokasi strategis lain, mereka dapat sekaligus melakukan kampanye.

3. Gelas keramik

Untuk kegiatan yang cukup resmi, gelas keramik dengan gambar kandidat juga dapat menjadi alternatif souvenir yang murah dan berkelas. Pembagian gelas keramik untuk kampanye biasanya hanya terbatas pada kalangan-kalangan tertentu saja. Selain karena membutuhkan biaya yang sedikit mahal, proses produksi gelas keramik ini juga tidak bisa terlalu cepat.

4. Topi

Topi biasanya di bagikan sebagai souvenir pilkada untuk panitia kampanye. Selain sebagai identitas, topi ini juga cukup terjangkau dengan produksi masal.

5. Ballpoint

Ballpoint diberikan sebagai souvenir saat dilakukan sosialisasi di sekolah maupun masyarakat. Ballpoint ini akan bermanfaat bagi masyarakat yang menerima, selain itu murah dan mudah dibawa.

6. Kipas

Kipas tangan memang tidak terlalu umum diberikan, namun mereka yang melakukan kampanye melalui orasi politik biasanya memberikan kipas tangan sebagai souvenir, agar juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat saat mengikuti kampanye di lapangan terbuka atau lokasi kampanye yang panas.

7. Kaos

Kaos ini juga sangat diminati selain stiker. Masyarakat yang mendapatkan kaos biasanya berupa tim- tim sukses kampanye yang berada di daerah maupun di kantor pusat. Sama halnya seperti topi, kaos juga bisa digunakan sebagai penunjuk identitas dari penerima fasilitas partai politik.

8. Pin

Pin adalah salah satu pilihan serupa dengan dengan stiker, selain murah dan mudah didapat, pin juga sangat bisa diproduksi secara masal.

9. Payung

Payung pun sekarang tak kalah populer sebagai salah satu bahan kampanye pemilu. Mulai dari pemilu kepala daerah, sampai pemilu presiden. Souvenir payung banyak dipakai hadiah bagi para pendukungnya

10. Gelang

Gelang yang digunakan biasanya berupa gelang karet dengan tulisan dan logo parpol. Atau berupa warna identik parpol dengan tulisan jargon atau hashtag yang mencirikhaskan parpol terkait.

11. Jam dinding

Jam dinding sudah menjadi hal umum untuk digunakan sebagai souvenir pemilu, selain mudah di lihat. Jam dinding juga pasti akan terus di pajang dan di letakkan di lokasi yang mudah dijangkau dan juga mudah dilihat. Hal ini menguntungkan pemberi souvenir, karena bisa terus melakukan promosi meskipun hanya sekali memberi.

Bagaimana? Apakah anda sudah menentukan, souvenir apa saja yang akan anda gunakan untuk kampanye parpol anda? Jangan lupa jargon dan informasi lebih dalam souvenir yang bisa di akses oleh sasaran kampanye yah.