Cara Mudah Merawat Tas Spunbond Agar Awet

Hampir semua orang mempunyai tas spunbond. Tas ini memang sangat terkenal dan mudah didapat oleh setiap orang karena harganya yang terjangkau. Anda pastinya juga mempunyai tas spunbond entah itu tunggal maupun lebih dari satu. Pastinya Anda juga sering menggunakannya untuk berbagai kebutuhan seperti membawa ataupun membungkus barang dan sebagainya.

Meskipun Anda mempunyai tas spunbond cukup banyak, alangkah baiknya Anda tetap merawat tas tersebut agar tetap awet dan bisa digunakan berkali-kali. Baik itu tas dari spunbond souvenir acara tertentu ataupun promosi harusnya Anda rawat denga baik setidaknya untuk koleksi.

Tas spunbond memang tergolong tas souvenir yang murah dan mudah ditemui sehingga mungkin kebanyakan orang sering tidak memperlakukannya dengan baik. Namun untuk Anda yang memang suka mengoleksi tas souvenir dari spunbond alangkah baiknya merawat tas spunbond dengan baik dan benar.

Cara Mudah Merawat Tas Spunbond

1. Jangan taruh tas spunbond disembarang tempat, khususnya setelah Anda selesai menggunakannya. Hal itu bertujuan agar tas spunbond tidak terkena debu atau kotoran lain yang dapat merusak dan merubah warna tas spunbond. Alangkah baiknya Anda menyimpannya kembali dalam lemari dan semacamnya agar bisa digunakan dikemudian hari.

2. Cuci tas spunbond dengan baik. Ketika Anda selesai menggunakan tas spunbond untuk membewa barang belanjaan seperti sayur, buah, dan lainnya sebaiknya Anda cuci tas tersebut dengan air hangat. Hal itu bertujuan agar tas tersebut tidak bau dan tetap bersih.

Juga Anda bisa menggosok-gosok tas menggunakan sabun dengan hati-hati agar tas tidak mudah rusak dan warna serta sablon tetap terjaga. Jangan lupa gunakan sabun cuci yang berbahan lembut untuk membersihkan noda.  Demikian lakukan pencucian pada tas spunbond bagian dalam dan luar secara menyeluruh dan rata, kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Meskipun demikian, jangan terlalu sering melakukan pencucian pada tas spunbond. Hal itu bisa merusak kualitas tas spunbond. Jadi, meskipun tas spunbond tergolong tas souvenir yang murah, Anda sebaiknya tetap merawat dengan baik agar tetap bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

3. Keringkan tas spunbond di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hal itu bertujuan agar warna kain tas spunbond tidak pudar. Selain itu juga untuk menjaga tekstur bahan spunbond agar tetap halus. Setelah kering segera lipat dan simpan tas spunbond dengan rapi di lemari dan sebagainya.

Jadi, agar tas tetap terlihat baru dan licin alangkah baiknya Anda melipatnya dengan benar kemudian menyimpannya pada lemari dan sebagainya setelah pemakaian. Suatu saat jika membutuhkan Anda bisa menggunakannya kembali tanpa harus khawatir kusut dan lusuh.

4. Jika Anda mempunyai beberapa tas spunbond yang tampak kusut, Anda bisa merapikannya dengan menyetrika. Ketika menyetrika jangan lupa berikan lapisan pada atas dan bawah tas kain spunbond agar tidak lengket jika terlalu panas. Anda bisa menyemprotnya dengan pelicin agar hasil maksimal.

5. Jangan terlalu memaksa tas spunbond Anda dengan barang bawaan yang berat. Hal itu bisa menyebabkan tali tas spunbond putus dan rusak. Jadi, gunakan tas spunbond Anda dengan sebaik mungkin seperti menjadikannya bungkus barang bawaan yang cukup ringan.

Mengingat bahan tas spunbond ada yang terlalu tipis dan ada pula yang cukup tebal. Nampaknya itu tergantung pada harga dan kualitas kain spunbond yang digunakan. Begitu pula dengan bahan tali yang digunakan maupun kualitas jahitan tas. Jadi, ketika Anda membeli tas souvenir murah sebaiknya Anda teliti terlebih dahulu mengenai fisik tas tersebut.