Disfungsi Ereksi

Disfungsi Ereksi

Disfungsi Ereksi adalah ketidakmampuan penis Anda untuk ereksi secara maksimal untuk berhubungan seksual kondisi ini tentu saja dapat meruntuhkan kepercayaan diri bagi pria dan pasangan terutama bagi mereka yang sedang program hamil.

Seringkali Disfungsi Ereksi merupakan tanda adanya masalah kesehatan mental dan psikis yang serius dan membutuhkan penanganan profesional, dalam hal ini dokter dan psikolog.

Gejala penyakit gangguan seksual ini ditandai dengan sulitnya penis untuk ereksi, Anda kesulitan menjaga ereksi saat berhubungan seksual dan hilangnya gairah seksual pada pria.

Dalam Data yang dirilis oleh National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Disease melaporkan bahwa 30 juta pria di Amerika Serikat menderita penyakit gangguan seksual ini, mereka yang terserang terdiri dari :

  • 12 persen pria berusia dibawah 60 tahun
  • 22 persen pria di usia 60 tahunan
  • 30 persen pria yang berusia diatas 60 tahun

Namun, dalam study yang dilakukan pada tahun 2013 menyatakan bahwa satu dari empat pria dibawah usia 40 tahun mengalami masalah disfungsi ereksi. Peneliti menemukan kaitan antara kebiasaan merokok dan penggunaan obat-obatan pada mereka yang menderita disfungsi ereksi pada usia dibawah 40 tahun.

Penyebab Disfungsi Ereksi

Gairah seksual pria sendiri merupakan hal yang kompleks karena melibatkan Otak, Hormon, Emosi, Sistem Saraf, Otot-otot dan Pembuluh darah, disfungsi seksual bisa terjadi bila salah satu komponen di atas mengalami gangguan, selain itu stress dan depressi dapat memperparah gejala disfungsi ereksi.

Mengutip Mayoclinic, kombinasi antara kesehatan fisik dan psikis merupakan penyebab utama timbulnya masalah gangguan seksual ini. Selain itu, komplikasi penyakit dan menurunnya kemampuan tubuh terkait usia juga mempengaruhi kesehatan seksual Anda, berikut ini daftar penyebab disfungsi ereksi sesuai pendapat para ahli :

  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Hiperlipidemia
  • Kanker
  • Cedera pada Penis
  • Kelebihan Berat Badan
  • Stress
  • Depressi
  • Efek Samping Obat-obatan
  • Alkohol
  • Merokok
  • Faktor Usia

Disfungsi ereksi dapat terjadi karena satu faktor atau bahkan beberapa faktor di atas, oleh karenanya penting untuk konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan kepastian mengenai kondisi Anda.

Cara Mencegah Disfungsi Ereksi

Untuk mencegah penyakit gangguan seksual ini, menerapkan gaya hidup sehat dan menjaga kondisi Anda tetap sehat merupakan jawabannya. Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan melakukan aktivitas-aktivitas berikut :

1. Jalan Kaki

Menurut studi yang dilakuan pada tahun 2005 silam mengungkapkan rutin berjalan kaki 3,5 km setiap hari sangat baik untuk mencegah impotensi. Olahraga ringan ini dapat membantu Anda menjaga berat badan dan menguatkan otot-otot bagian bawah tubuh.

2. Senam Kegel

Selain berjalan kaki, Anda juga dapat melatih otot tubuh bagian bawah dengan melakukan senam kegel. Senam kegel bermanfaat untuk menguatkan otot panggul dan membantu melancarkan saluran kemih dan meningkatkan kemampuan seksual dengan melancarkan aliran darah menuju organ seksual Anda.

3. Konsumsi Ginseng

Ginseng dapat membantu meningkatkan kemampuan seksual pria.

Ginseng merah dikenal juga sebagai viagra alami, dalam sebuah jurnal review yang diterbitkan pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa mengonsumsi ekstrak ginseng merah dengan dosis 600 – 1.000 miligram tiap tiga hari sekali dapat membantu mengatasi masalah disfungsi ereksi.

4. Konsumsi Asam Amino

Selain ginseng, Asam Amino L-Arginine juga penting dalam menjaga kemampuan ereksi pria.

L-Arginine dapat meningkatkan produksi Oksida Nitrat yang berguna untuk melemaskan pembuluh darah dan melancarkan sirkulasi darah ke area penis. Kondisi ini sangat baik untuk mendukung kemampuan ereksi Anda.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan pada tahun 1999 mengungkapkan mereka yang mengalami gangguan disfungsi ereksi dan diberikan suplemen L-arginine dengan dosis lima gram setiap hari menunjukan peningkatkan fungsi seksual yang signifkan.

5. Konsumsi Semangka

Semangka memiliki kandungan Citrulline, yakni asam amino yang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh. Pria yang mengonsumsi suplemen L-Citrulline mengalami peningkatkan kemampuan ereksi mereka, demikian pernyataan dalam hasil penelian yang dilakukan pada 2011 silam.

Demikian pembahasan mengenai Disfungsi Ereksi dan Cara Mencegahnya semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan organ reproduksi Anda.