Fungsi Tulang Telapak Tangan

Tulang merupakan salah satu bagian pengusun tubuh manusia. Seseorang bisa berdiri tegak dan melakukan berbagai macam gerakan karena disokong oleh tulang-tulang berbalut daging dan jaringan dalam tubuh manusia. Tulang bukan hanya sekedar berfungsi untuk menegakkan tubuh, tetapi juga berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot, sebagai pelindung bagian tubuh yang vital, tempat pembentukan sek darah merah, dan alat penggerak yang pasif.

fungsi tulang telapak tangan dan kaki

Salah satu jenis tulang yang sangat penting dalam rangka manusia adalah tulang telapak tangan. Terdapat 3 bagian atau jenis dan fungsi tulang telapak tangan, yaitu sebagai berikut:

  • Tulang karpal, yaitu merupakan satu set berisi delapan tulang yang tidak beraturan yang terletak di pergelangan tangan. Tulang karpal memiliki fungsi untuk rotasi dan fleksibilitas pergelangan tangan.
  • Tulang metacarpal, ada lima jumlahnya, masing-masing tulang terkait dengan tulang-tulang jari. Tulang ini terdiri dari pangkal, batang, dan kepala. Tulang inilah yang membentuk telapak tangan seorang manusia. Fungsinya adalah sebagai titik jangkar bagi falang dan jari-jari ke tulang karpal atau tulang pergelangan tangan.
  • Falang, yaitu yang dinamakan tulang-tulang jari. Setiap jari memiliki 3 falang, kecuali ibu jari yang hanya memiliki dua falang. Ibu jari memiliki falang proksimal, menengah, dan distal. Falang berfungsi untuk menyempurnakan metekarpal agar genggaman lebih erat dan cengkraman lebih tepat. Pada beberapa hewan yang memiliki falang, tulang ini bekerja sesuai dengan fungsinya masing-masing. Falang berfungsi untuk gerakan cepat, seperti pada kuda dan jerapah; untuk terbang, seperti pada sayap kelelawar dan burung; untuk berenang, seperti pada sirip dalam spesies hewan akuatik; serta untuk beburu dan cakar pada hewan karnivora.

Fungsi Tulang Telapak Tangan Lainnya dalam Keseharian

Dalam kehidupan sehari-sehari fungsi tulang telapak tangan manusia sangat beragam. Mencengkram dan memegang objek lebih kuat menjadi beberapa fungsi dari tulang telapak tangan. Berbagai teknik pijat juga sangat memanafaatkan fungsi dari tulang telapak tangan.

Salah satu yang terpenting adalah melakukan breast massage atau pemijatan pada payudara menggunakan telapak tangan agar payudara lebih sehat, besar, dan kencang.

  1. Pemijatan payudara dengan memanfaatkan fungsi tulang telapak tangan bisa dilakukan sendiri di rumah. Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara mengencangkan payudara:
  2. Lakukan pijatan dengan gerakan tekanan sedang dari bawah ke atas dengan menggunakan kedua telapak tangan di antara kedua payudara. Lakukan gerakan ini sekitar 4 – 5 kali.
  3. Letakkan kedua telapak tangan di atar payudara kanan, kemudian lakukan gerakan memutar sambil di arahkan ke atas. Lakukan hal yang sama pada payudara kiri.
  4. Tekan bagian puting payudara kanan dengan lembut menggunakan jari. Kemudian, pijatlah dengan 2 jari tangan kiri kea rah luar. Lakukan hal yang sama pada payudara bagian kiri.
  5. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara. Tekan bagian bawah payudara dengan tulang ibu jari. Buatlah gerakan ke arah dalam secara teratur dan perlahan.
  6. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara, Tekan bagian atas payudara dengan memanfaatkan ibu jari dan berikan sedikit kekuatan pada tulang ibu jari. Buatlah gerakan teratur dan perlahan ke arah dalam atau seperti merangkumnya ke arah tengah payudara.
  7. Letakkan kedua telapak tangan di masing-masing payudara, tepatnya di bagian bawah garis payudara dan lakukan gerakkan pijat hanya ibu jari saja kea rah dalam.

Dengan mencoba cara membesarkan payudara menggunakan telapak tangan, maka Anda tak perlu melakukan suntik botok untuk memperindah bagian tersebut.