tips menata dapur

Tips Menata Dapur: Hal yang Harus Diperhatikan

Seperti apa dapur rumah kamu? Jika sedang bosan dengan desain dapur yang begitu-begitu saja, kini saatnya untuk memberikan sedikit sentuhan agar kamu bisa lebih betah berada di tempat yang satu ini.

Salah satu gaya yang banyak diterapkan, yakni dapur minimalis. Simak pembahasan berikut ini tentang hal-hal yang harus diperhatikan kalau kamu ingin menerapkan konsep minimalis pada dapur rumah.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menata Dapur

tips menata dapur

1. Cari inspirasi sebanyak-banyaknya

Ketika kamu ingin membuat sesuatu, mencari inspirasi adalah hal pertama yang harus kamu lakukan. Mencari inspirasi bisa dilakukan di mana saja, kok.

Kamu bisa melihat-lihat majalah desain, berselancar di dunia maya atau bahkan berkunjung ke berbagai rumah makan yang mengusung konsep minimalis.

Setelah menemukan inspirasi, langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat sketsa atau gambaran tentang desain dapur, tentunya dengan beberapa penyesuaian.

Pertimbangkan juga masalah budget karena hal sangat berpengaruh dengan desain yang bisa kamu gunakan.

2. Pilih kabinet tinggi hingga ke langit-langit

Kamu punya dapur yang sempit? Salah satu solusi untuk mengakalinya adalah dengan memanfaatkan ruang vertikal. Yup, kamu bisa membuat kabinet yang tinggi hingga ke langit-langit.

Semakin tinggi kabinet, semakin banyak ruang yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan barang.

Selain itu, kabinet tinggi juga merupakan ciri khas dapur minimalis. Jadi, pilihan ini sangat cocok untuk konsep yang kamu gunakan, bukan?

Ucapkan selamat tinggal pada dapur kotor dan berantakan karena sekarang kamu punya kabinet yang mampu mengakomodasi banyak perlengkapan.

3. Perhatikan tentang perpaduan warna

Ternyata pemilihan warna juga sangat penting untuk diperhatikan! Kamu yang ingin menerapkan konsep minimalis pada ruang dapur sebaiknya menghindari warna-warna yang terlalu meriah karena ini justru bertentangan dengan prinsip gaya minimalis.

Solusinya, pilihlah warna-warna yang lembut dan netral seperti putih atau abu-abu.

Pemilihan warna juga harus disesuaikan dengan furniture yang ada di dalam dapur. Warna yang senada bisa memberikan nilai tambah untuk keindahan dapur kamu.

Apabila kamu punya keterbatasan ukuran ruangan, sebaiknya memilih warna yang cerah.

Warna putih biasa digunakan untuk memberikan ilusi optic sehingga membuar ruangan nampak lebih lebar. Atau jika kamu ingin menggunakan wallpaper, sebaiknya perhatikan tempat yang tepat untuk menempelkannya.

Wallpaper sebaiknya ditempatkan pada bagian yang tidak terkena panas atau cairan. Jadi, jangan tempelkan wallpaper di dinding dekat kompor atau tempat cuci piring karena wallpaper tersebut pasti tidak akan tahan lama.

4. Gunakan peralatan secukupnya

Salah satu masalah yang kerap kamu jumpai adalah peralatan dapur yang berserakan.

Tahukah kamu?

Mengoleksi terlalu banyak perlengkapan dapur bisa menimbulkan masalah karena kamu juga harus menyediakan ruang lebih untuk menyimpannya.

Alangkah lebih baik jika kamu membeli barang multifungsi daripada mengoleksi banyak perlengkapan yang hanya punya satu fungsi.

Contohnya, kamu bisa menggunakan pisau buah untuk mengupas bawang atau bumbu lainnya karena fungsinya sama. Jadi, kamu tidak perlu membeli banyak perlengkapan sehingga membuat dapur terlihat ramai.

5. Tambahkan dekorasi bernuansa minimalis

Tips terakhir yang perlu kamu perhatikan ketika menciptakan nuansa minimalis dalam ruangan adalah dengan menambahkan dekorasi minimalis.

Tidak perlu repot-repot membeli aksesoris karena kamu bisa memanfaatkan vas dan bunga asli ataupun buah. Hiasan tersebut justru terlihat lebih indah dan pastinya minimalis.

Kamu bisa menaruh hiasan atau dekorasi mungil ini di kitchen set minimalis yang kamu punya. Tentunya makin cakep dong dapurnya.

Setelah mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan konsep ruang dapur minimalis, kini Anda sudah siap untuk menerapkannya di rumah.

Selamat mencoba!