Gambar Ayam Broiler diberi Vaksin

Jadwal dan Cara Pemberian Vaksin Broiler 2018

Setiap bisnis tentu saja memiliki kunci kesuksesan masing-masing.

Maka dari itu, khusus bagi Anda yang ingin fokus di dunia bisnis sangat penting sekali mempelajari manajemen bisnis karena akan memudahkan Anda dalam mengatur dan menjaga agar bisnis tetap berjalan dengan normal dan bahkan memberikan keuntungan kepada Anda berkali lipat.

Bisnis ternak menjadi salah satu ide bisnis yang menarik untuk dicoba, selain caranya lebih mudah tentu saja dari segi prospeknya sangat cerah dan peluang yang Anda dapatkan semakin luas karena hanya beberapa pelaku bisnis saja yang tertarik berbisnis di bidang ini.

Salah satu peluang ternak yang wajib untuk dicoba yaitu ternak ayam boiler karena permintaan pasar yang tidak pernah berhenti.

Untuk itu, berikut ini akan kami sampaikan salah satu pemeliharaan yang penting untuk Anda perhatikan yaitu pada aspek vaksinisasi.

Info terkait: harga ayam broiler hari ini

 

Pemberian Vaksin Broiler

Vaksin adalah salah satu cara pemeliharaan hewan ternak dengan mematikan atau melemahkan mikroorganisme yang dirasa mampu memicu munculnya penyakit.

Dengan begitu, imunogenik akan dihasilkan dan secara langsung memberikan rangsangan dan menstimulasi pembentukan sistem kekebalan tubuh dari berbagai jenis penyakit atau sering disebut sebagai pembentukan sistem imun.

Jenis vaksin ayam boiler ada banyak sekali sehingga Anda memiliki kesempatan yang luas untuk mencoba salah satu dari banyaknya jenis vaksin tersebut.

 

Penyimpanan vaksin

Untuk lebih aman, vaksin harus disimpan di suhu yang dingin antara 2 derajat celcius sampai dengan 8 derajat celsius.

Namun untuk penyimpanannya tidak disarankan untuk disimpan di freezer kulkas namun Anda bisa menggunakan tempat khusus dan memberikan temperatur suhu pada wadah tersebut.

Selain harus disimpan di tempat yang dingin, vaksin ini juga harus dijaga dari sengatan sinar matahari langsung. Pemberian vaksin ini bisa dilakukan ketika ayam sedang dalam kondisi yang sehat.

 

Jadwal dan Cara Pemberian Vaksin

Untuk semakin yakin dalam pemberian vaksin, Anda juga bisa membuatkan jadwal pemberian vaksin secara rutin sehingga dari sisi kesehatan ternak Anda lebih terjamin dan

Anda tidak perlu khawatir.

Nah, untuk bisa melakukan vaksin ini Anda perlu bantuan beberapa pihak, namun apabila Anda bisa melakukannya sendiri maka Anda dianjurkan untuk minta bantuan orang lain agar proses pemberian vaksin bisa lebih cepat terselesaikan.

Setelah melakukan pemberian vaksin maka selanjutnya Anda isa membersihkan tempat dan juga alat yang digunakan untuk vaksin tersebut dengan menggunakan air dan tentunya harus dilakukan dengan tahap-tahap yang benar.

Ternyata, vaksinasi juga bisa dilakukan melalui air yaitu dengan menghentikan pemberian air sampai 24 jam sebelum pemberian vaksin.

Setelah itu, ayam dipuasakan kira-kira satu sampai dua jam sebelum pemberian vaksin namun untuk kandang dengan suhu 30 derajat celcius maka pemberian waktu puasa bisa dipersingkat saja menjadi 1 jam.

Selain dengan cara vaksin melalui air, cara pemberian vaksin yang lainnya adalah dengan vaksinasi tetes yaitu dengan meneteskan vaksin tersebut ke dalam mata setiap ayam.

Dengan cara ini maka Anda harus memastikan bahwa vaksin tersebut terserap dengan sempurna oleh kelopak mata.

 

Tips

Tips yang paling ampuh dan harus Anda terapkan yaitu jangan terlalu terburu- buru melepaskan ayam dan pastikan bahwa vaksin tersebut benar-benar sudah menetes ke mata ayam.

Penjaringan ayam sebelum vaksinasi juga penting untuk dilakukan agar ayam tidak stres ketika harus menunggu giliran vaksin.

Selain itu, kualitas vaksin juga harus terus dijaga salah satunya yaitu dengan membagi vaksin pada beberapa wadah. Harga vaksin ayam boiler tidak terlalu mahal dan tentunya bisa dengan mudah Anda dapatkan.